5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Es, Kalian Wajib Tahu!

Air es beku
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ketika Anda merasa haus, biasanya minum air dingin terasa menyegarkan. Apalagi jika air dinginnya dicampur dengan sirop atau pemanis lainnya. Namun ternyata kebiasaan minum air es dapat menyebabkan masalah kesehatan dari yang ringan hingga yang serius. Berikut ini lima efek kesehatan yang akan Anda dapatkan!

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

1. Pembekuan otak

Konsumsi air es dapat menyebabkan aliran darah terhambat. Dikhawatirkan dapat menyebabkan pembekuan otak. Apalagi jika Anda sering melakukan kebiasaan ini tanpa Anda sadari. Jadi, lebih baik minum air hangat jangan minum terlalu banyak air es!

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

2. Buncit

Sebagian besar minum air es bisa membuat perut menjadi buncit. Ini karena air es yang dicampur dengan pemanis atau sirop dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut dan akhirnya perut menjadi buncit. Perut buncit tentu akan membuat Anda menjadi kurang percaya diri, kan?

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Menandakan Pencernaan Sehat

3. Masalah pencernaan

Makan sambil minum air dingin memang terasa menyegarkan. Namun ternyata kebiasaan ini bisa membuat penyempitan usus. Bahkan partikel lemak dan zat lain yang ada dalam sistem pencernaan dapat membeku. Akibatnya Anda akan mengalami gangguan pencernaan, terutama jika kebiasaan ini dilakukan setiap hari.

4. Sakit kepala

Frekuensi minum air es dapat menyebabkan sakit kepala mendadak. Ini terjadi karena tubuh mengalami penurunan suhu secara tiba-tiba dan sel-sel saraf di otak lambat merespons hal ini sehingga kepala terasa pusing. Air es memang tidak baik untuk tubuh karena suhunya berbeda dengan suhu alami tubuh.

5. Sirkulasi darah tidak lancar

Frekuensi konsumsi air es juga dapat menyebabkan sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Tentu saja ini tidak baik terutama ketika Anda sedang menstruasi. Darah yang keluar tidak lancar dan kram perut tak tertahankan. Selain itu, sirkulasi darah yang buruk akan membuat Anda mengantuk dan cepat lelah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.