Wajib Tahu, Ini 5 Ciri Timbulnya Penyakit Glaukoma yang Berakibat Kebutaan

Penyakit Glaukoma
Sumber :
  • vstory

VIVA – Glaukoma adalah penyakit mata yang menyebabkan kerusakan pada saraf optik. Penderita glaukoma mengalami tekanan di bola mata atau tekanan intraokular (TIO) yang memicu berfungsinya saraf optik. Anda harus berhati-hati dengan gejala glaukoma.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Penyakit ini disebut sebagai penyebab kebutaan nomor dua setelah katarak. Bagian depan mata tersumbat oleh cairan bening yang seharusnya dikeluarkan oleh mata. Sangat menakutkan jika terserang penyakit ini. Baiklah, mari kita lihat gejala awalnya!

1. Nyeri yang terjadi pada satu mata

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Penderita glaukoma merasakan nyeri tiba-tiba di satu bagian mata mereka. Selain itu, ada perasaan berat di satu mata. Karena alasan ini, jika sesuatu yang aneh terjadi pada bola mata kalian, ada baiknya diperiksa oleh dokter untuk memastikan diagnosis glaukoma di mata kalian.

2. Pandangan tidak jelas dan berkabut

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Menandakan Pencernaan Sehat

Jika penglihatan kalian tidak jelas dan berkabut, jangan anggap remeh gejala ini. Orang dengan glaukoma mengalami gejala awal pada penurunan penglihatan. Apalagi jika disertai dengan kepekaan terhadap cahaya. Segera lakukan tes lebih lanjut agar penanganannya tidak terlambat.

3. Mata melihat bayangan pelangi di sekitar cahaya

Jika kalian melihat pelangi saat melihat cahaya, berhati-hatilah dengan gejala glaukoma. Orang dengan glaukoma tidak dapat menangkap cahaya yang masuk ke mata karena saraf optik rusak.

4. Mata bengkak dan merah

Gejala mata bengkak dan memerah bukan hanya gejala sakit mata. Jangan abaikan karena glaukoma lebih berbahaya. Cairan yang menumpuk di bola mata menyebabkan mata menjadi bengkak. Yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter yang ahli dalam penyakit mata.

5. Mata berair terus menerus

Waspada saat mata berair terus menerus. Saraf yang terganggu akan menyebabkan mata kalian berair. Ini adalah gejala glaukoma yang harus kalian kenali. Periksa ke dokter lebih lanjut sehingga kalian dapat disembuhkan dengan cepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.