5 Hal Negatif Jika Sering Makan Kacang, Nomor 5 Berbahaya

Kacang Tanah
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kacang adalah salah satu camilan paling populer dari seluruh dunia. Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya sulit untuk berhenti mengunyahnya. Banyak orang bahkan mengaku kecanduan makan kacang, terutama jika dilakukan sambil mengobrol atau menonton acara televisi.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Meski dikenal sebagai camilan sehat, para pakar kesehatan mengatakan mengonsumsi kacang-kacangan secara berlebihan juga dapat berdampak negatif dan berbahaya pada tubuh. Berikut adalah beberapa efek yang akan kita alami jika terlalu sering makan kacang.

1. Dapat menyebabkan kenaikan berat badan

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Sebenarnya, kacang termasuk dalam makanan yang tinggi serat dan protein. Banyak orang yang menjadikan kacang sebagai makanan untuk program diet. Tetapi para ahli kesehatan mengatakan kacang harus dikonsumsi dengan porsi yang tepat, bukan berlebihan. Jika kita memakannya dalam jumlah banyak atau terlalu sering, maka berat badan akan bertambah.

2. Menyebabkan gangguan pencernaan

Ramalan Zodiak Sabtu 20 April 2024, Sagitarius: Hati-hati dengan Teman Dekat

Beberapa orang mengaku mengalami sensasi kembung setelah makan kacang. Menurut para ahli kesehatan, ini ternyata sangat alami. Ini disebabkan oleh adanya senyawa yang disebut tanin dan phytates dalam kacang yang cenderung sulit dicerna tubuh. Inilah yang akhirnya membuat masalah perut kembung datang.

3. Menyebabkan rambut rontok

Dampak ini memang masih merupakan hal yang kontroversial dan memicu perdebatan banyak pakar kesehatan. Tetapi ada penelitian yang mengatakan kebiasaan makan kacang terlalu banyak dari jenis kacang Brazil dapat menimbulkan efek seperti rambut rontok, bau mulut, nyeri pada otot dan persendian, hingga kuku yang menjadi lebih rapuh. Ini disebabkan oleh kandungan selenium dalam kacang Brazil yang cukup tinggi.

4. Asupan vitamin E yang berlebihan

Kacang almond termasuk dalam camilan yang baik untuk kesehatan karena kaya akan zat besi, kalsium, magnesium, seng, dan vitamin B dan vitamin E. Sayangnya, jika kita hanya mengonsumsi 100 gram almond, ini akan membuat kita kelebihan asupan vitamin E .

5. Keracunan

Terlalu banyak mengonsumsi almond juga dapat menyebabkan efek keracunan, meskipun efek ini tergolong langka. Hanya saja kita benar-benar harus mewaspadai keberadaan asam hidroksi di almond yang dapat memicu masalah pernapasan, gangguan pada sistem saraf, atau bahkan tersedak. Konten ini biasanya ditemukan dalam almond yang memiliki rasa pahit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.