Ini Bahaya Tidur Tengkurap, Masih Berani?

Tidur Tengkurap
Sumber :
  • vstory

VIVA – Posisi tidur memiliki pengaruh besar pada kesehatan kita. Beberapa posisi dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, terutama tulang belakang. Tetapi beberapa ternyata juga dapat merusaknya. Jika Anda terbiasa tidur tengkurap, Anda perlu tahu bahwa posisi tidur favorit Anda adalah posisi tidur terburuk.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Bukan tanpa alasan, tidur tengkurap terbukti menimbulkan sejumlah efek samping bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa efek negatif kebiasaan tidur tengkurap.

1. Membuat tulang belakang sakit dan merusak postur tubuh.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Hal pertama yang mungkin Anda rasakan dari tidur tengkurap adalah rasa sakit di tulang belakang. Cara tidur seperti ini juga bisa secara perlahan merusak postur tubuh. Ketika Anda tidur tengkurap, Anda benar-benar meletakkan semua beban dan tekanan pada perut Anda, yang tidak bisa ditangani oleh area perut itu sendiri.

2. Membuat Anda merasa tidak nyaman.

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Dengan tidur tengkurap, Anda harus menghadapi segala macam masalah. Seperti sakit punggung, sakit leher, sakit kepala, hingga kesulitan bernapas. Kondisi ini tentu bisa membuat Anda tidak bisa tidur dengan nyaman.

3. Anda mungkin mengalami kurang tidur.

Karena tulang belakang Anda tidak dalam kondisi yang baik, dampaknya akan sulit dan Anda akan mengalami kurang tidur. Selanjutnya, daya tahan tubuh akan menurun yang membuat Anda rentan terhadap penyakit. Selain itu, kurang tidur juga dapat mengganggu konsentrasi dan mengurangi kinerja Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

4. Sering sakit kepala.

Posisi tidur yang baik adalah ketika kepala dan tulang belakang dalam posisi lurus dan sejajar. Dengan berbaring tengkurap, itu artinya kepala Anda harus menghadap ke samping agar Anda masih bisa bernapas. Posisi kepala yang buruk ini dapat menyebabkan kepala merasa tidak nyaman dan membuat saraf terganggu.

5. Berbahaya untuk leher.

Poin sebelumnya menjelaskan bahwa tidur tengkurap berarti kepala Anda harus menghadap ke samping secara otomatis. Nah, posisi kepala dan tulang belakang yang tidak paralel akan membuat leher menjadi bengkok. Mungkin pada awalnya Anda tidak akan merasakan masalah, tetapi seiring waktu kondisi ini akan menyebabkan rasa sakit di leher dan kerusakan saraf.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.