Makanan Penakluk Darah Tinggi, Yuk Konsumsi!

Makanan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Mempertahankan dan membatasi asupan garam adalah salah satu langkah penting untuk mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi. Tapi ini bukan satu-satunya hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga tekanan darah tetap sehat. Terapkan pola makan sehat atau hindari makan makanan hipertensi atau cegah kondisi hipertensi.

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang muncul secara diam-diam. Sulit mengetahui seseorang menderita hipertensi, tanpa mengukur tekanan darah. Meskipun tidak ada makanan yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi dengan cepat, beberapa jenis makanan ini ternyata dapat membantu mengurangi secara perlahan:

1. Susu dan yoghurt rendah lemak

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Susu rendah lemak yang kaya akan kalsium dan rendah lemak adalah campuran zat yang kuat untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Anda juga bisa menggunakan yoghurt sebagai pengganti, jika Anda tidak suka susu.

2. Buah Bit

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Buah yang satu ini membantu menurunkan tekanan darah karena mengandung nitrat. Faktanya, penelitian telah membuktikan bahwa jus bit menurunkan tekanan darah hanya dalam satu hari semalam.

3. Gandum

Gandum adalah salah satu makanan yang bisa mengurangi tekanan darah. Karena, makanan ini mengandung rendah lemak, tinggi serat, dan rendah sodium (garam).

4. Pisang

Salah satu manfaat pisang adalah kaya akan kalium yang baik untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Anda bisa makan pisang begitu saja atau dicampur dengan oatmeal sebagai menu sarapan.

5. Ikan

Pilih ikan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti salmon. Asam lemak omega-3 adalah yang membantu mengurangi tekanan darah.

6. Minyak zaitun

Kandungan polifenol yang ditemukan dalam minyak zaitun adalah untuk membantu mengurangi tekanan darah.

Hindari makanan hipertensi dan lakukan diet sehat untuk menjaga tekanan darah stabil. Selain itu, lakukan pengukuran tekanan darah secara teratur. Jika perlu, coba gunakan pengukur tekanan darah yang bisa dilakukan di rumah. Konsultasikan hal ini selama kunjungan dokter rutin jika ada perubahan tekanan darah Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.