Susah Tidur? Cobalah 5 Cara Sederhana Berikut Ini

5 hal sederhana untuk tidur yang cukup dan berkualitas
5 hal sederhana untuk tidur yang cukup dan berkualitas
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tidur memiliki peranan yang sangat penting dalam hidup kita. Saat tidur tubuh kita melakukan perbaikan otot, organ-organ dan sel-sel yang rusak. Tubuh kita melepaskan senyawa kimia yang memperkuat sistem imun tubuh kita.

Riset yang dilakukan National Institutes of Health di Amerika menunjukkan bahwa pola tidur berpengaruh langsung terhadap hormon pertumbuhan, hormon stres, selera makan, sistem pernapasan, tekanan darah bahkan kesehatan jantung. Orang yang kurang tidur memiliki risiko yang lebih besar terkena penyakit jantung, diabetes, memiliki tingkat stres yang lebih tinggi serta tekanan darah yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang yang tidurnya cukup.

Walaupun tidur sangat penting bagi tubuh kita, banyak dari kita yang mengalami kesulitan untuk tidur atau membutuhkan waktu yang lama sekali untuk tertidur. Hal ini jika dibiarkan tentu dapat memengaruhi kesehatan fisik maupun mental. Berikut hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

1. Tidur dan bangun pada waktu yang sama.

Setiap orang memiliki siklus tidur alami atau yang sering disebut dengan circadian rhythm. Siklus tidur alami inilah yang mengatur secara internal proses kita tidur. Dengan membiasakan diri kita untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, tubuh menjadi terbiasa dengan pola tidur kita sehingga tubuh bisa menyesuaikan siklus tidur alaminya agar proses tidur menjadi lebih optimal.

Jika tubuh kita mendapat tidur yang cukup, maka kita akan terbangun dengan sendirinya tanpa bantuan alarm. Jika kita masih membutuhkan alarm untuk bangun artinya kita harus tidur lebih awal karena tubuh kita belum mendapat tidur yang cukup.

2. Meningkatkan paparan cahaya terang pada siang hari.

Biasakan tubuh kita terpapar cahaya saat bangun. Hal ini penting karena cahaya membuat tubuh kita menghasilkan hormon yang membuat kita terjaga. Studi yang dilakukan National Institues of Health di Amerika menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengalami insomnia yang terpapar cahaya terang pada siang hari tidur lebih lama dan nyenyak pada saat malam harinya dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur sampai dengan 83 persen.

3. Mengurangi paparan cahaya pada malam hari.

Jika paparan cahaya pada siang hari memiliki manfaat yang baik untuk membantu tidur pada malam harinya, maka paparan cahaya pada malam hari justru memiliki efek yang sebaliknya. Hal ini karena jika kita terpapar cahaya pada malam hari, otak kita akan berpikir bahwa waktu masih siang hari sehingga otak akan mengurangi hormon melatonin. Hormon yang membantu kita relaks dan tertidur sehingga tubuh kita akan sulit untuk tertidur.

4. Jangan mengonsumsi kafein menjelang sore dan malam hari.

Kafein jika dikonsumsi dengan tepat memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita. Tetapi mengonsumsi kafein pada sore menjelang malam hari akan membuat kita sulit untuk tidur. Menurut studi yang dilakukan National Institutes of Health di Amerika mengonsumsi kafein 6 jam sebelum waktu tidur menurunkan kualitas tidur secara signifikan. Untuk itu, batasilah konsumsi kafein pada pagi dan siang hari saja untuk tidur yang cukup dan berkualitas.

5. Kurangi tidur siang yang terlalu panjang.

Tidur siang yang pendek memiliki banyak manfaat di antaranya meningkatkan kinerja, kreativitas dan daya ingat seseorang. Namun tidur siang yang terlalu panjang dengan jadwal yang tidak teratur justru memiliki dampak yang buruk bagi kualitas tidur kita di malam hari. Hal ini karena tidur siang yang panjang mengganggu siklus tidur alami tubuh kita.

Salah satu studi yang dilakukan National Institutes of Health bahkan menyebutkan bahwa partisipan yang melakukan tidur siang panjang justru merasa lebih ngantuk setelah tidur siang panjang. Untuk itu batasilah tidur siang hanya sampai dengan 30 menit tiap harinya agar tidak mengganggu kualitas dan durasi tidur kita di malam hari.

Demikian hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Semoga yang saya sampaikan bermanfaat bagi Anda semua!

 

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.