Manfaat Diet Makrobiotik Bagi Penderita Diabetes

diet makrobiotik
Sumber :
  • vstory

VIVA – Menurut  Dr. H. Moch. Agus Krisno, Beban kerja dan tekanan hidup sering menyebabkan orang memiliki gaya hidup tidak sehat. Seperti kebiasaan tidak teratur makan, kurang tidur, kurang olahraga, stres, dan peningkatan konsumsi makanan instant dan makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak dan gula.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Akibatnya, orang-orang ini mungkin akan terkena diabetes yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi karena tidak berfungsinya hormon insulin dalam tubuh mereka sebagai pengendali kadar gula darah. (Dr. H. Moch. Agus Krisno Budiyanto, M.Kes, n.d.)

Diabetes dibagi dalam 3 golongan, yaitu diabetes millitus tipe I, diabetes millitus tipe II, dan diabetes millitus gestasional. Penyakit diabetes mempunyai beberapa keluhan seperti berat badan turun, banyak kencing, mata kabur, luka yang tak kunjung sembuh, dan mudah terkena infeksi.

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

Di samping itu, penyakit ini juga disebabkan adanya pola hidup yang tidak sehat. Misalnya merokok, makan yang tidak teratur, kurang istirahat, dan sering mengonsumsi makanan cepat saji.

Oleh karena itu, penderita penyakit diabetes sangat dianjurkan melakukan diet makrobiotik. Karena diet ini sangat mengutamakan makanan-makanan yang segar tanpa proses pengolahan atau pengawetan. Sehingga penderita diabetes dapat mencegah terjadinya alergi makanan. Diet ini juga memperbanyak makanan yang berserat seperti padi-padian, buah-buahan, sayur-sayuran, dan juga ikan tertentu.

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Penderita diabetes yang melakukan diet ini secara benar akan membantu mengurangi gangguan metabolisme tubuh. Dalam melakukan diet ini, penderita diabetes juga dianjurkan untuk selalu berolahraga, mengondisikan tubuh dalam suasana yang tenang, tidak cemas dan stres.

(Penulis Fetty Fazriyati, Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka)

ilustrasi zodiak

Ramalan Zodiak Sabtu 20 April 2024, Sagitarius: Hati-hati dengan Teman Dekat

Ramalan zodiak Sabtu, 20 April 2024. Scorpio, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam properti. Sagitarius, waspadalah teman dekat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.