Buah-buahan Ini Baik untuk Penderita Asam Urat

BUAH YANG BAIK UNTUK PENDERITA ASAM URAT
Sumber :
  • vstory

VIVA – Penyakit asam urat sering kali terjadi karena kadar asam dalam darah yang tinggi. Kadar asam urat bisa ditentukan dengan melakukan tes darah. Pria jauh lebih berisiko mengalami asam urat dibandingkan wanita. Tetapi, risiko untuk wanita juga meningkat pada periode menopause. Karena efek perlindungan estrogen tidak lagi diberikan.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Selama menjalani puasa atau saat melakukan diet ekstrem, peningkatan kerusakan sel-sel tubuh dapat meningkatkan kadar asam urat. Dan begitupun sebaliknya, saat Anda mengonsumsi terlalu banyak daging dan minuman beralkohol kadar asam urat dalam darah juga akan meningkat. 

Bagaimana menjaga kadar asam urat tetap stabil?

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Konsumsilah makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur agar dapat terhindar dari meningkatnya kadar asam urat. Jika kadar asam uratmu sudah tinggi, perhatikanlah asupan yang masuk ke dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang terbukti dapat menurunkan kadar asam urat, seperti berikut ini.

Teh hijau

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Menandakan Pencernaan Sehat

Rajin mengonsumsi teh hijau terbukti dapat menurunkan risiko terkena asam urat dan mengendalikan hiperurisemia atau peningkatan kadar asam urat dalam darah. Karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya mampu membantu mekanisme pengeluaran racun dan zat berbahaya dari tubuh.

Ceri 

Buah ini memilik zat anti inflamasi yang disebut anthocyanin. Ceri juga mampu mengurangi kadar asam urat berlebih. Bahkan ceri dapat mencegah asam urat mengkristal dan mengendap dalam sendi.

Pisang

Buah yang terkenal baik untuk pencernaan ini juga dapat menurunkan kadar asam urat karena kandungannya yang kaya akan potasium, antioksidan dan vitamin C. Kandungannya tersebut dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat bila dikonsumsi secara rutin.

Tomat

Tomat yang biasa dikenal untuk menjaga kesehatan mata karena memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, ternyata buah ini juga memiliki sifat basa yang membantu menjaga asam urat larut dalam darah.

Jeruk nipis

Kandungan asam sitrat yang ada dalam jeruk nipis mampu melarutkan asam urat. Sehingga penderita asam urat sangat disarankan mengonsumsi jeruk nipis agar mencegah kadar asam urat yang tinggi.

Apel

Buah yang sering digunakan oleh para pediet karena memiliki serat yang tinggi di dalamnya juga memiliki kandungan asam malat yang mampu menetralkan asam urat dalam aliran darah

Minyak zaitun

Selain minyak zaitun terkenal untuk produk kecantikan dan bahan masakan, minyak ini juga baik untuk menjaga produksi asam urat tetap dalam kadar yang normal. Gunakan minyak zaitun dengan menjadikannya sebagai dressing salad atau kamu bisa meminumnya secara langsung.

Air putih
Air putih terbukti mampu membantu pembuangan toksin tubuh termasuk kadar asam urat yang berlebih. Usahakan untuk meminum 8-9 gelas air putih sehari untuk merasakan manfaatnya bagi tubuh.

Meskipun menurunkan penyakit asam urat dengan cara alami terbukti dapat menurunkan kadar asam urat, ada baiknya untuk penderita menambahkannya dengan mengonsumsi suplemen herbal penurun kadar asam urat. Karena penggunaan suplemen berbahan dasar alami lebih aman untuk dikonsumsi dan pastikan bahwa suplemen tersebut telah terdaftar di BPOM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.