5 Penyakit Ini Bisa Membunuhmu dalam Waktu Hanya 24 Jam

Penyakit Mematikan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ada banyak penyakit mematikan, misalnya saja virus korona yang sedang terjadi saat ini, diabetes, kanker, hingga flu burung. Seolah masih belum parah, ada juga penyakit mematikan yang hanya membutuhkan waktu semenit untuk membuat hidup kita melayang.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Setelah serangan terjadi, kita hanya perlu 24 jam untuk mendapatkan perhatian medis. Jika sudah terlambat, konsekuensi terburuk akan menimpa. Penasaran apa jenis penyakit yang dimaksud?

1. Stroke

Stroke umumnya terjadi secara tiba-tiba. Jika tidak segera ditangani oleh tenaga medis, nyawa pasien terancam tidak aman. Pasalnya, penyakit ini melibatkan beberapa organ yang sangat penting, yaitu jantung, otak, sistem saraf, dan arteri.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Ketika arteri yang tersumbat sangat parah, bahkan darah tidak dapat mengalir dengan lancar. Aliran oksigen ke otak akhirnya terhambat atau bahkan terhenti. Dilansir dari Health24, stroke parah dapat membunuh kita hanya dalam dua jam.

2. Meningitis

Pernahkah Anda mendengar penyakit ini sebelumnya? Meningitis adalah infeksi pada selaput pelindung otak dan sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari virus, bakteri, jamur, amuba, hingga penyakit kronis lainnya. Menurut halaman First Aid for Life, penyakit ini dapat membunuh hanya dalam waktu empat jam jika tidak ditangani dengan benar.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

3. Demam berdarah

Demam berdarah adalah penyakit mematikan yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Menurut laporan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), demam berdarah dapat membunuh 400 juta orang per tahun.

Penyakit ini, yang telah menarik perhatian sejak 50-an, diketahui memiliki gejala seperti pelana kuda. Beberapa hari pertama, Anda akan mengalami demam tinggi. Maka demam akan turun, tetapi di situlah letak bahayanya. Pasien memiliki 24 jam untuk mendapatkan perawatan medis. Jika tidak, mereka akan mengalami kegagalan organ hingga mati.

4. Ebola

Ebola tidak diragukan lagi salah satu wabah paling parah yang pernah terjadi di dunia. Penyakit ini sangat mematikan dan diketahui dapat membunuh hanya dalam beberapa jam. Bahkan menurut statistik, 90 persen pasien yang terinfeksi pasti akan mati.

Sebenarnya apa penyakit ini? Ebola disebabkan oleh virus yang dapat menyebabkan pendarahan di dalam dan di luar tubuh kita. Darah akan keluar dari mata, hidung, telinga, ke anus pasien. Hingga saat ini, para ahli belum dapat menemukan obat yang pasti dapat menyembuhkan ebola.

5. Kolera

Penyakit ini dapat menyebabkan penderita mengalami diare parah hingga dehidrasi. Itulah sebabnya, ia dapat membunuh hanya dalam beberapa jam jika pasien tidak dirawat dengan benar.

Meskipun disebabkan oleh bakteri, penyakit ini dapat ditularkan melalui tinja dan air yang terkontaminasi. Mengutip laporan WHO, setidaknya ada 1,3 hingga 4 juta kasus kolera dalam setahun. Sedangkan korban jiwa yang terjadi karena ini bisa mencapai 21 hingga 143 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.