Banyak yang Melanggar! Jangan Lakukan Ini Selama COVID-19 Masih Mengancam

Menanggulangi Covid-19
Sumber :
  • vstory

VIVA – Di tengah maraknya Covid-19 yang semakin menyebar, ada banyak hal yang bisa kita lakukan agar situasinya tidak memburuk. Kita harus menyadari bahwa penyebaran Covid-19 dan dampak ekonomi negatif dapat diminimalkan. Berikut adalah hal yang tidak boleh dilakukan selama wabah Covid-19 untuk meminimalkan efek samping.

Ramalan Zodiak Kamis 18 April 2024: Taurus Alami Krisis Keuangan, Virgo Harus Menjauhi Orang Negatif

Jangan membeli Persediaan Berlebihan

Dalam situasi seperti itu, banyak orang membeli persediaan makanan skala besar. Istilah ini biasa disebut dengan panic buying. Sebagian besar mereka membeli persediaan makanan, perlengkapan bayi, atau masker. Akibatnya, masih banyak orang yang tidak dapat memenuhi kebutuhan utama mereka seperti makanan dan sebagainya.

Sidak Layanan Kesehatan Usai Libur Lebaran, Pj Wali Kota Tangerang Minta Jam Operasional Ditambah

Jangan meninggalkan rumah jika tidak mendesak

Istilah ini umumnya dikenal sebagai Sosial Distancing. Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC), dengan melakukan jarak sosial, penyebaran Covid-19 dapat diminimalkan dan dapat dikendalikan. Jangan sesekali meninggalkan rumah jika tidak perlu.

5 Minuman Sehat Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Jangan menyebarkan berita bohong

Perkembangan informasi memang memudahkan orang untuk mendapatkan informasi. Namun, kemajuan informasi yang tidak selektif justru akan membahayakan masyarakat. Banyak informasi tipuan tentang COVID-19 seperti minuman vodka yang dapat menyembuhkan penyakit ini dan sebagainya. Jika kalian menyebarkan berita bohong, kalian bisa dijerat secara hukum lho. Hal ini telah diatur oleh Undang-Undang.

Nah, hal tersebut yang tidak boleh dilakukan selama Covid-19 masih marak dan agar epidemi ini tidak menyebar. Tetap hati-hati dan jaga kesehatan kalian.

Aktivitas masyarakat Indonesia di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Berapa Lama Rata-rata Umur Hidup Orang Indonesia? Ternyata Sampai Angka Ini

Angka harapan hidup orang Indonesia meningkat sebesar 0,31% pada 2023 yaitu sebesar 79,93 tahun dari sebelumnya yaitu 73,7 tahun pada 2022, menurut data BPS.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.