Jangan Berlebihan Mengonsumsi Vitamin C, Ini Jelasnya

Buah Yang Mengandung Vitamin C
Sumber :
  • vstory

VIVA – Vitamin C adalah nutrisi penting yang biasanya ditemukan dalam buah dan sayuran. Vitamin C memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Selain itu, vitamin C juga memainkan peran penting dalam penyembuhan luka, menjaga tulang tetap kuat, dan meningkatkan fungsi otak.

Karena itu, vitamin C adalah suplemen yang dicari, terutama di musim pancaroba atau ketika sejumlah penyakit menjadi epidemi. Menurut jurnal The Cochrane Database of Systematic Reviews, vitamin C terbukti mampu mencegah masuk angin. Meski demikian, asupan vitamin C yang berlebihan justru dapat menyebabkan sejumlah efek samping bagi tubuh dalam bentuk masalah kesehatan seperti berikut ini.

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

Batu Ginjal

Dilansir dari Medical News Today, dokter percaya bahwa terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin C dapat menyebabkan seseorang melepaskan senyawa oksalat dan asam urat dalam urin. Senyawa ini bisa memicu pembentukan batu ginjal.

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Gangguan Pencernaan

Efek samping paling umum dari kelebihan asupan vitamin C adalah gangguan pencernaan. Tetapi secara umum, efek samping ini tidak terjadi karena makan makanan yang mengandung vitamin C, tetapi karena mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen.

Ketidakseimbangan nutrisi

Masalah kesehatan lain yang disebabkan oleh asupan vitamin C yang berlebihan adalah kerusakan kemampuan tubuh untuk memproses nutrisi lain. Sebagai contoh, vitamin C dapat mengurangi kadar vitamin B-12 dan tembaga dalam tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.