8 Tips Diet Sehat Alami yang Bisa Kamu Coba

illustrasi gambar
Sumber :
  • vstory

VIVA – Memiliki tubuh ideal tentunya juga bukan hal yang mudah. Perlunya semangat dan disiplin tinggi terhadap diri sendiri untuk dapat mencapai berat badan yang diinginkan. Kebanyakan dari kita gagal dalam menjalankan diet adalah kurang kuasa dalam menjaga pola makan yang sudah menjadi kebiasaan kita sebelum melakukan diet.

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Setiap metode haruslah sesuai dengan kondisi kita, kita harus memahami kondisi tubuh kita apakah kita mempunyai hal yang sensitif pada makanan ataukah kita mempunyai penyakit maag akut. Semua sejarah kesehatan itu hanyalah kita yang tahu.

Sebagai contoh orang yang mempunyai mag akut tidak akan bisa menahan lapar dan mengurangi makanan pada waktu siang hari, ditambah lagi pekerjaannya yang begitu berat sehingga membuat pikiran menjadi stress.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Kita harus mempelajari sejarah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan sebelum kita memilih metode diet yang cocok untuk kita.

Karena terkadang ada diet yang menganjurkan kita untuk mengkonsumsi makanan tertentu. Ketahuilah semua yang ada pada diri kita terlebih dahulu.

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa metode yang dapat kita gunakan sebagai bahan untuk menjaga atau mengurangi berat badan:

Mulai dengan Menu Sehat
Tunjukkan kalua Anda memnag ingin memiliki berat badan ideal, mulai saat ini cobalah untuk membuat menu sehat sendiri. Hindari makan makanan diluar. Kebiasaan makan di kantin terkadang juga bisa membuat berat badan Anda tidak kunjung menurun.

Ketika kita makan di kantin kantor, secara psikologis kita akan melihat banyak pilihan makanan yang beragam. Hal itu dapat memicu indra kita untuk mendorong agar kita mengkonsumsi makanan yang terkadang berada diluar control kita.

Cobalah untuk membawa bekal makanan dari rumah dengan menu yang sehat, seperti anti msg dan sedikit karbohidrat lebih banyak protein untuk menggantikan tenaga yang terbuang. Dan yang tidak kalah penting adalah buah-buahan. Agar memperlancar proses pencernaan Anda di waktu pagi.

Selain itu mebiasakan diri dengan membawa makanan dari rumah menghemat pengeluaran Anda.

Untuk memotivasi program Anda buatlah rencana apabila Anda berhasil dalam menurunkan berat badan Anda dalam satu bulan maka Anda akan membeli sesuatu sebagai hadiah atas jerih payah Anda dengan hasil berhemat Karena tidak makan di kantin.

Mengurangi Asupan Lemak
Cara ketiga untuk mengurangi berat badan selama satu bulan adalah dengan menjaga asupan makanan Anda.

Kurangi asupan lemak yang berlebihan ganti dengan makanan yang lain yang lebih banyak mengandung protein sebagai energi untuk aktivitas Anda. Asupan lemak biasanya ada pada daging.

Cobalah untuk mengurangi makanan yang mengandung daging. Lebih baik jika Anda memakan makanan yang berasal dari ungas. Seperti ayam kampung, hindari mengkonsumsi ayam potong.

Ayam potong berbeda dengan ayam kampung. Untuk ayam potong dalam prosesnya tumbuh menjadi ayam potong yang sudah siap dipotong dengan makanan yang penuh dengan bahan berlemak agar mereka mempunyai berat dan kandungan daging untuk dipotong.

Sehingga ayam kampung jauh lebih baik dari pada ayam potong. Anda juga bisa mengganti makanan daging dengan makanan pengganti seperti ikan laut, seperti diketahui ikan memiliki kandungan protein yang tinggi yang baik untuk energi dan asupan ke otak.

Istirahat Teratur dan Hindari Tidur Larut Malam
Salah satu aktivitas yang sering terlupakan dan mungkin sepele adalah istirahat teratur. Dengan istirahat teratur akan membantu kita dalam melakukan diet.

Tidur lewat malam akan merangsng nafsu makan kita Karena perut kita akan cenderung lapar dan kita akan mengkonsumsi makanan yang lebih banyak dan dapat mengakibatkan timbunan lemak.

Karena pada waktu malam hari aktivitas pada waktu malam hari tidak terlalu banyak dan mengakibatkan makanan yang kita konsumsi akan tertimbun pada waktu menjelang pagi.

Penyebab yang kedua juga Karena pada waktu malam hari apabila perut kita terisi kondisi makanan dalam perut akan tertimbun dan belum mengalami pembusukan, akibatnya pada waktu pagi makanan yang akan kita keluarkan adalah makanan yang ada dalam perut sebelum malam hari.

Sehingga pada keesokan harinya timbunan makanan akan mengalami pembusukan yang kurang sempurna dan hal ini akan mengakibatkan timbunan lemak pada tubuh.

Buang air besar secara teratur adalah langkah yang baik untuk melakukan diet karena pembusukan yang teratur dan tidak terjadi timbunan. Karena akan terbakar oleh aktivitas keesokan harinya.

Hindari Minuman Bersoda dan Alkohol
Mnuman bersoda dan alkohol adalah musuh terhebat untuk program diet. Betapa tidak soda akan membantu makanan lebih berkembang di dalam perut dan hal itu tidak akan membantu sama sekali untuk usaha Anda berdiet. Untuk itu hindarilah minuman bersoda dan beralkohol.

Kementerian Kesehatan Inggris menemukan bahwa orang Inggris rata-rata mendapatkan 2000 kilo kalori dari konsumsi minuman-minuman beralkohol tiap bulannya.

Alkohol memang tidak memiliki kandungan lemak, tetapi dapat menambah 7 kalori ke tubuhmu setiap gramnya. Sementara, minuman berkarbonasi seperti Coca Cola dapat menambah 245 kalori setiap harinya ke dalam tubuhmu. Jadi, kalau kamu ingin mendapatkan berat badan ideal.

Mengurangi Makan Makanan di Luar
Untuk mendukung program diet Anda, cobalah untuk mengurangi makan di luar. Makan di luar mungkin memang lebih nikmat akan tetapi jauh lebih berbahaya untuk program diet Anda.

Masakan yang ada di luar terakadang kita tidak mengetahui berapa jumlah kalori yang dikandungnya. Makanan di rumah makan tentunya mempunyai bumbu dan resep yang sangat rahasia sehingga membuat kita tidak bisa mengira berapa jumlha lemak dan kalori yang ada pada makanan tersebut.

Hindari membeli makanan di luar dan cobalah untuk lebih membiasakan diri makan di rumah atau membawa bekal pada saat Anda bekerja. Selain membantu program diet makan makan di luar juga akan menghemat uang Anda.

Olah Raga Teratur
Usaha Anda untuk menjaga makanan adalah upaya menurunkan berat badan Anda, namun bagaimana cara kita membakar lemak yang ada dalam tubuh dan membakar kalori dalam tubuh. Jawabannya adalah dengan berolah raga.

Dengan berolah raga secara teratur dan benar akan membakar kalori dalam tubuh Anda. Untuk memulai olah raga tidak memerlukan biaya yang mahal.

Anda tidak dianjurkan untuk pergi ke pusat kebugaran untuk program ini. Melainkan lakukanlah hal yang sederhana akan tetapi rutin dan konsisten.

Pergi ke pusat kebugaran akan dianjurkan apabila Anda ingin membentuk tubuh Anda lebih sempurna, tapi untuk mengurangi berat badan Anda cukup Anda berolah raga lari selama kurang lebih 30 menit setiap harinya.

Sebuah penelitian memberikan hasil yang mengejutkan. Ternyata berolah raga 30 menit setiap hari lebih banyak membakar kalori dan menurunkan berat badan di bandingkan dengan berolah ragar 90 menit selama 3 kali seminggu.

Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa dengan berolah raga setiap hari akan cenderung membakar kalori pada hari itu juga dan Karena kita tidak terlalu Lelah sehingga kita cenderung menahan nafsu makan kita.

Berbeda dengan olah raga dalam 3 kali seminggu dengan waktu yang lebih lama. Tubuh akan cenderung Lelah dan lapar sehingga tidak jarang sehabis olah raga kita banyak melakukan pelanggaran terhadap peraturan diet kita.

Ucapkan Selamat Tinggal pada Gula
Salah satu makanan yang bisa menurunkan berat badan kita adalah Gula. Cobalah untuk mengurang makan dan minum makanan yang mengandung gula.

Bagi kamu peminum kopi berat mulailah mengurangi minum kopi Karena kopi dan minuman teh lainnya adalah minuman yang sarat akan gula.

Dengan mengontrol konsumsinya maka bisa dikatakan bahwa kita akan menurunkan kalori dalam tubuh kita relatif lebih cepat dari pada diet yang masih meminum gula. Selain itu kebiasaan mengontrol minum gula juga dapat menjaga agar kita terbebas dari diabetes pada masa tua.

Penuhi asupan Vitamin dan Buah
Cobalah untuk mengganti makanan Anda dengan makan banyak sayuran agar membantu proses diet lebih efisien. Selain itu cobalah banyak mengkonsumsi buah-buahan terutama pada waktu malam hari.

Gantilah camilan Anda dengan banyak makan buah-buahan sehingga akan membantu memperlancar buang air besar di waktu pagi. Selain itu mengkonsumsi buah buahan akan membantu pencernaan mendapatkan serat lebih banyak.

Selain itu fungsi buah buahan adalah pengganti makanan yang bisa mengakibatkan tubuh kita penuh lemak.

Dengan banyaknya kita mengkonsumsi buah maka akan membantu asupan vitamin pada tubuh kita. Mengkonsumsi buah yang kaya akan serat pada waktu malam adalah pilihan yang bagus.

Sedangkan memakan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin c pada waktu siang hari akan membantu kita mempertahankan daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak rentan terhadap penyakit di saat kita melakukan diet.

Demikian tadi beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi berat badan kita dengan cara yang alami dan sehat. Begitu banyak pantangan dan hal-hal yang dilarang sehingga akan mengurangi kesenangan kita.

Tetapi perlu diingat bahwa terkadang kebiasaan kita dan kesenangan kita yang sering kita lakukan adalah kebiasaan yang kurang sehat dan membuat tubuh kita bertambah berat dan menimbun lemak.

Maka dari itu cobalah untuk hidup sehat dan cobalah untuk mengurangi dan mengatur kebiasaan yang dapat menambah berat badan Anda. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.