5 Hal Biasa Ini Ternyata Dapat Mengurangi Gejala Stres

Cara Menghilangkan Gejala Stres
Sumber :
  • vstory

VIVA – Stres merupakan suatu kondisi dimana pola pikir kita sedang mengalami tekanan. Biasanya stres ini dapat berkembang bila banyak hal atau sesuatu yang sedang kita pikirkan atau yang sedang terjadi pada diri kita.

Berapa Lama Rata-rata Umur Hidup Orang Indonesia? Ternyata Sampai Angka Ini

Kondisi ini memang sangat membahayakan. Karena stres dapat membuat kondisi tubuh menjadi sangat turun, sehingga ketahanan tubuh menjadi lemah dan menyebabkan sakit.

Ada beberapa faktor yang biasanya dapat menyebabkan gejala stres, diantaranya;

Ramalan Zodiak Kamis 18 April 2024: Taurus Alami Krisis Keuangan, Virgo Harus Menjauhi Orang Negatif
  • Pekerjaan
  • Hubungan
  • Sekolah
  • Keuangan
  • dan lainnya

Dalam hal ini, tentu kita harus menjauhi dan memerangi kondisi stres ini. Karena bila mana kita tidak menemukan solusi yang tepat untuk keluar dari kondisi tersebut, kita akan dengan mudah untuk jatuh sakit. Oleh sebab itu, disini kita akan memberikan beberapa hal yang mungkin dapat dicoba agar dapat terhindar dari gejala stres tersebut.

Sidak Layanan Kesehatan Usai Libur Lebaran, Pj Wali Kota Tangerang Minta Jam Operasional Ditambah

1. Berolahraga

Menggerakan tubuh ternyata dapat memberikan kesegaran pada mental kita. Olahraga ternyata bukan hanya melatih untuk kesehatan fisik saja, melainkan mental juga. Biasakan untuk berolahraga setiap harinya, dengan minimal 30 menit/hari.

Perlu diingat juga, usahakan, kamu melakukan olahraga yang memang kamu sukai. Karena itu akan dapat memberikan dorongan lebih cepat terhadap kondisi kamu yang lemah menjadi lebih baik lagi.

Jadi, olahraga menjadi salah satu hal yang harus kamu lakukan bilamana kamu merasa bahwa sudah merasakan gejala stres.

2. Tidur yang cukup

Para dokter sudah menyarankan kepada kita bahwa kita harus memiliki tidur yang cukup untuk membuat diri kita tetap sehat. Hal ini cukup menjadi perhatian penting, karena biasanya orang stres itu susuah sekali untuk tidur bukan?.

Apakah hal ini berlaku bagi orang yang sedang mengalami gejala stres? Ya, tentu. Dengan didorongnya untuk melakukan istirahat minimal tidur selama 8 jam/hari, akan membuat dirinya kembali pulih kedalam kondisi normalnya.

Apabila sulit sekali untuk tidur, kamu bisa mencoba hal-hal yang biasa yang kamu sering lakukan agar membuat kamu cepat tidur, misalnya seperti mendengarkan lantunan musik yang melow. Intinya, istirahat yang cukup sangat direkomendasikan bagi yang mengalami gejala stres.

3. Berwisata

Berwisata bisa menjadi salah satu hal yang dapat mengurangi stres. Ternyata, dengan melihat pemandangan serta permainan yang menyenangkan, dapat mengurangi stres kita loh. Wisata memang diperuntukan bagi mereka yang ingin melepaskan penat baik dari pekerjaan, sekolah dan lainnya.

Hal ini tentu sangat bagus bagi mereka yang sedang mengalami gejala stres. Mereka dapat melampiaskannya dengan mengunjungi tempat-tempat dengan pemandangan yang belum pernah dilihatnya, atau mencoba wahana permainan yang cukup asyik untuk dinikmati dan hal menyenangkan lainnya.

Oleh sebab itu, berwisata sangat baik untuk kesehatan diri kita, terutama pikiran kita.

4. Perhatikanlah hal yang baik

Cara yang sangat bagus untuk menjauhkan pikiran kita dari rasa khawatir adalah dengan cara memfokuskan pikiran kita terhadap sesuatu atau hal yang baik, positif dan menyenangkan. Sugesti yang baik, akan memberikan efek positif terhadap diri kita.

Akan tetapi, berbeda, jika kita memikirkan sesuatu lalu pikiran kita tertuju pada hal negatif atau buruk, tentu itu akan merubah segalanya, termasuk hal yang positif pun akan menjadi pikiran negatif pada diri kita. Oleh sebab itu, kita harus menjauhkan pikiran negatif tersebut.

5. Pijat refleksi

Pijat refleksi merupakan salah satu bentuk cara untuk menstabilkan kembali tubuh yang lelah seharian bekerja. Tapi tahu kah kamu, bahwa pijat ini juga dapat berfungsi untuk mengurangi gejala stres. Hal ini karena pijat refleksi dapat merilekskan tubuh serta pikiran kita.

Selain membuat tubuh menjadi lebih segar kembali, pijat juga dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang. Sekali-kali tentu kita harus melakukan ini, karena banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari pijat refleksi tersebut.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat mengurangi gejala stres yang bisa kalian coba. Mudah-mudahan dengan cara tersebut, gejala stres dapat teratasi. Tetaplah sehat dan jaga kondisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.