Mahasiswa ITS KKN Tematik 27 COVID-19 Kemendikbud 2020

Kelompok KKNT ITS 27 melakukan KKN di SD Muhammadiyah 2 Gresik dengan tema SOSIALISASI PENGGUNAAN FITUR GOOGLE SEBAGAI MEDIA BELAJAR MENGAJAR DARING DIMASA PANDEMI COVID-19
Sumber :
  • vstory

VIVA –  Mahasiswa ITS Surabaya kelompok 27 melakukan KKN Tematik di beberapa SD di kota Gresik Jawa Timur, 12 Oktober 2020.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Pada kelompok ini terdapat 12 orang dan diketuai oleh Wedharing Rosemewah mahasiswa angkatan 2018 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Beberapa SD yang dilakukan sebagai Tempat KKN ialah :

1. SDN 51 GRESIK

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

2. SD MUHAMMADIYAH 1 GRESIK

3. MI AL-HIDAYAH

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

4. SDN 43 GRESIK

5. SDN 12 GRESIK

6. SD MUHAMMADIYAH 1 GKB

7. MI MANBAUL HUDA

Dari SD/MI tersebut kami membagi tim kami menjadi 2 orang pada setiap SD/MInya, kemudian untuk penempatan KKN di SD/MI  tersebut disesuaikan dengan tempat tinggal dari masing-masing anggota kelompok.

Pada KKN Tematik kami memberikan sosialisasi fitur google kepada guru- guru, materi yang kami ajarkan yaitu mulai dari google form di mana pada fitur tersebut kami mengajarkan mulai dari bagaimana membuat soal mengatur soal tersebut hingga sampai dapat dibagikan kepada murid-murid.

Pada materi google form ini banyak dari guru-guru meberitahukan kesulitanya selama menggunakan google form yaitu pada pengaturan untuk soal kuis.

Dalam egiatan KKN ini kami lakukan selama kurang lebih 1 bulan untuk minggu ke 2 kami memberikan pengajaran mengenai fitur KAHOOT.

Fitur merupakan fitur yang disampaikan pada pertemuan 2 dan kami sangat bersyukur sekali karena respons guru-guru yang kami ajar sangat antusias sekali. Guru-guru merasa fitur ini adalah fitur baru dan juga dianggap sebagai fitur alternatif untuk memberikan hiburan kepada siswa agar tidak bosan.

Fitur KAHOOT ini adalah fitur yang digunakan untuk memberikan kuis tetapi dikemas dalam bentuk yang menarik seperti GAME sehingga diharapkan siswa tidak bosan dalam pembelajaran yang masih dilakukan secara daring.

Dari berbagi kegiatan yang kami lakukan ini kami sangat mendapat banyak manfaat, selain senang dapat membantu guru-guru SD dalam penggunaan fitur google, kami juga jadi mengeti bagaimana cara menjelaskan bagaimana mengatur waktu agar waktu yang diberikan dan apa yang kami ajarkan bisa pas dan tidak membuat orang yang kami ajar tidak bosan.

Dari situ kami banyak mendapat pengalaman dan dapat menyimpulan ternyata mengajar itu tidak mudah.

Untuk guru di seluruh Indonesia tetap semangat terima kasih bu atas jasa jasamu kami generasi penerus bangsa ini akan selalu ingat apa pesan-pesan dan apa yang engkau ajarkan pada kami ketika masih di bangku sekolah. Salam TIM KKNT ITS 27 GRESIK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.