Penggunaan Masker di Kedai Roti pada Masa Pandemi COVID-19

Sebagai upaya pencegahan dan pengendalian yang dilakukan untuk mengurangi penularan infeksi COVID-19, penggunaan masker dapat menjadi solusi ketika seseorang harus pergi ke luar rumah atau tempat umum. Masker dapat melindungi orang sehat agar tidak terinf
Sumber :
  • vstory

VIVA – Berdasarkan data dari WHO, sebagian orang yang telah terinfeksi virus COVID-19 ada yang tidak mengalami gejala apa pun. Beberapa penelitian juga telah menerbitkan bahwa terdapat kejadian penularan dari orang yang tidak memiliki gejala atau asimtomatik.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Menurut Menteri Kesehatan RI, dr. Terawan Agus Putranto menyampaikan agar masyarakat mampu menjaga kesehatan dengan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) supaya terhindar dari COVID-19 dan juga penyakit lainnya. Salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan masker dengan baik dan benar.

WHO juga merekomendasikan penggunaan masker untuk melindungi seseorang yang sehat dari virus COVID-19 dan juga orang sakit agar tidak menularkan virusnya. Pemakaian masker yang dianjurkan kepada setiap orang yang berada di tempat umum dengan kerumunan banyak orang sehingga terdapat kemungkinan untuk kontak langsung seperti berbicara, makan, minum, dan lain sebagainya.

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertartik untuk melakukan observasi atau pengamatan secara langsung bagaimana perilaku masyarakat dalam menggunakan masker di tempat umum, salah satunya adalah kedai roti yang berada di pusat perbelanjaan.

Pengamatan dilakukan dalam satu waktu karena di tempat umum atau dalam keramaian dengan durasi beberapa menit pada sore hari. Terlihat bahwa kedai roti tampak ramai dengan pengunjung yang ingin membeli kue atau roti di kedai roti. Pengunjung yang berdatangan menerapkan protokol kesehatan dengan baik yaitu menggunakan masker.

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Menurut artikel yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI, terdapat beberapa cara menggunakan masker dengan baik yaitu diantaranya adalah sebagai berikut:

1.      Menutup mulut, hidung dan dagu agar melindungi alat pernapasan dengan baik.

2.      Jika menggunakan masker medis, tekan bagian atas masker agar mengikuti bentuk hidung.

3.      Melepas masker dengan cukup memegang tali tanpa menyentuk bagian depan.

4.      Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir setelah melepas masker yang telah digunakan.

5.      Rutin dalam mengganti masker secara berkala jika telah kotor atau basah.

Dari cara penggunaan masker yang telah disarankan oleh Kemenkes RI, terlihat bahwa pengunjung kedai roti telah menerapkan hal tersebut terutama pada poin 1 telah menutup bagian alat pernapasan dnegan baik dan poin 2 menekan bagian atas bagi pengguna masker medis.

Selain telah menggunakan masker dengan baik, ternyata pengunjung kedai roti juga menerapkan protokol kesehatan lainnya yaitu menjaga jarak dengan pengunjung lain. Penerapan tersebut didorong dengan adanya peraturan berupa garis batas pada lantai di kedai roti sehingga pengunjung dapat mengikuti garis yang ada untuk antre agar mengurangi penularan COVID-19.

Kemenkes RI juga melakukan upaya pencegahan penularan COVID-19 dengan kampanye kepada masyarakat untuk menggunakan masker. Gerakan tersebut bernama “Gerakan Semua Pakai Masker” yang dilakukan oleh Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat dengan membagikan masker kepada masyarakat secara gratis di beberapa titik sekitaran Jabodetabek.

Selain memberikan masker, Kemenkes RI juga memberikan edukasi dan juga leaflet kepada masyarakat tentang pencegahan COVID-19. Gerakan semua pakai masker juga turut dibantu oleh organisasi masyarakat dalam membagikan masker kepada masyarakat lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.