Rambut Beruban? Ternyata Bukan Hanya Karena Penuaan Lho!

uban atau rambut putih belum tentu hanya karena penuaan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Uban atau rambut putih merupakan salah satu indikator dari mulai menuanya usia. Banyak orang beranggapan bahwa semakin banyak rambut putih pada kepala seseorang menandakan orang itu semakin tua.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Namun, bukan hanya itu saja alasannya tumbuh uban pada seseorang. Ada beberapa faktor lain juga yang bisa menyebabkan tumbuhnya uban. Apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

1. Penyakit Jantung

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Ternyata uban bisa menandakan bahwa seseorang rentan terkena penyakit jantung. Semakin banyak uban yang dimiliki maka semakin rentan orang tersebut terkena penyakit jantung. Penyakit yang paling sering dikaitkan dengan kondisi ini adalah jantung koroner dan aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah.

2. Kekurangan Vitamin D

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Orang yang mempunyai uban di masa mudanya dapat disebabkan oleh kurangnya vitaman D. Vitamin D memengaruhi produksi melanin untuk rambut. Itulah mengapa banyak orang yang masih berumur muda sudah mempunyai rambut berwarna putih.

3. Sistem imun melemah

Rambut putih atau uban juga disebabkan oleh melemahnya imunitas dalam tubuh kita. Ini menyebabkan banyak orang yang sakit parah biasanya memiliki banyak rambut putih. 

4. Stress

Stress dapat membuat uban atau rambut putih muncul karena sel melanosit yang bertugas untuk memberikan warna hitam pada rambut akan menurun ketika kita sedang berada dalam tekanan yang mengakibatkan stress.

Itulah beberapa penjelasan tentang munculnya uban atau rambut putih pada seseorang. Jadi, bukan hanya orang tua saja yang bisa beruban. Anak muda pun bisa mempunyai rambut putih jika mengalami seperti di atas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.