Sering Disepelekan, Hal Ini Jadi Penyebab Asam Urat di Usia Muda

Penyebab Asam Urat Pada Usia Muda
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kaitan antara penyakit asam urat dan usia muda telah dibuktikan lewat studi yang dilakukan oleh Luke Mintz, bahwa generasi milenial usia 20-30 tahun sekarang sudah banyak yang terkena penyakit asam urat.

6 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

Selain itu, studi lain di Inggris juga mengemukakan bahwa sejak tahun 2012 kasus, kasus penyakit asam urat pada usia muda tercatat meningkat sekitar 30 persen. Menurut beberapa studi menyebutkan jika penyebab utama timbulnya penyakit asam urat pada usia muda adalah karena faktor genetik dan pola makan.

Faktor genetik menjadi penyebab yang paling dominan pada generasi muda. Selain faktor genetik, pola makan juga turut berkontribusi atas terjadinya asam urat pada usia muda. Banyak generasi milenial yang menganggap, jika mereka tidak bisa terkena asam urat karena usia yang masih muda.

Jalan Kaki Jadi Olahraga Terbaik bagi Penderita Asam Urat, Lakukan 30 Menit Sehari

Sehingga itulah yang membuat mereka cenderung tidak memerhatikan pola makan. Pola makan tidak sehat juga bisa mengakibatkan obesitas pada generasi milenial. Nah, mereka yang sudah mengalami obesitias, penumpukan kristal asam urat dalam tubuh menjadi lebih mudah.

Penyakit asam urat ini memang banyak diketahui sebagai penyakit usia lanjut. Meski demikian, penyakit ini juga mulai banyak dialami oleh usia yang lebih muda, tidak terkecuali pada generasi milenial. Oleh sebab itu, mulai sekarang yuk lebih memerhatikan pola makan serta hidup lebih sehat, agar bebas nyeri sendi dan komplikasinya akibat asam urat.

Asam Urat Tinggi Berisiko Dua Kali Lipat Kena Jantung Koroner, Benarkah?
Ilustrasi kaki/kesemutan/varises/ asam urat

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Asam urat adalah kondisi medis yang terjadi ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau tidak dapat mengeluarkannya dengan baik sehingga berdampak buruk.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.