Awas, 5 Tanda Gula Darah dalam Tubuh Anda Melonjak

Gula darah
Sumber :
  • vstory
Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

VIVA – Penyakit gula darah atau biasa disebut dengan hiperglikemia, yang merupakan salah satu jenis penyakit mematikan. Penyakit ini disebabkan karena gemar mengonsumsi makanan yang terlalu manis. Penyakit ini terjadi karena kadar glukosa terus meningkat.

Hampir semua orang memiliki jumlah gula darah lebih dari batas normal, namun dengan ketelatenannya saat memilih makanan tertentu, menjadikan kadar gula darah dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik. Nah jika Anda sudah tahu bagaimana bahaya gula darah yang berlebih, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan medis agar terhindar dari masalah yang tidak kita inginkan.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Untuk Anda yang ingin mengetahui tingginya kadar gula darah dalam tubuh, bisa mengenali ciri-ciri tubuh kelebihan kadar gula darah seperti di bawah ini.

1.   Mudah lelah

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Gejala tubuh gampang terasa lelah, memang menjadi salah satu tanda-tanda yang paling banyak dialami oleh penderita diabetes atau memiliki kadar gula darah tinggi.

Mungkin ada sebagian orang atau saudara Anda yang mengalami masalah serupa, segera lakukan diagnosa pada ahli kesehatan.

2.    Dehidrasi

Ciri berikutnya bagi penderita kelebihan gula darah adalah badan sering terasa haus meski tidak melakukan pekerjaan yang keras. Hal ini dapat terjadi karena kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan cairan yang kita konsumsi cepat habis.

Akhirnya tubuh akan mengalami dehidrasi, hingga selalu ingin konsumsi minuman segar dengan rasa yang manis.

3.   Emosional

Selain tanda fisik, penderita yang memiliki gula darah tinggi dapat dilihat dari perkembangan perilaku mereka setiap hari. Biasanya orang yang menderita seperti ini lebih mudah bertindak emosi.

Hal ini terjadi karena darah yang mengandung gula berlebih tidak bisa memenuhi suplay darah ke otak. Pada akhirnya akan mengakibatkan otak tidak bisa berfikir maksimal dalam menghadapi masalah.

4.  Luka yang tak kunjung sembuh

Umumnya, penderita hiperglikemia atau diabetes sangat ditentukan dengan ciri khusus, yaitu badan terasa lelah dan luka yang tak kunjung sembuh. Demikian bisa terjadi karena kondisi darah tidak lagi sehat atau normal, akhirnya pertumbuhan sel kulit baru terhambat hingga luka tak kunjung membaik.

5.  Warna kulit berubah

Perubahan warna kulit yang tidak merata dapat terjadi jika kadar gula darah dalam tubuh melonjak tajam. Hal ini biasanya berbarengan dengan bintik-bintik hitam yang muncul di leher, yang diakibatkan oleh rusaknya pigmen kulit akibat dari hormon insulin yang tidak terproduksi lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.