Begini Pergaulan yang Sehat Anak Remaja

Ilustrasi penolakan anak remaja.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Dalam lingkungan masyarakat, remaja merupakan suatu tingkatan yang didalamnya terdapat kebiasaan yang sering dilakukan untuk menunjukkan kepada orang-orang di sekitarnya untuk menerima hal baru yang terdapat didalam jiwa remaja itu sendiri.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait perkembangan remaja yang sehat terdapat jiwa dan mental yang kuat. Dengan berbagai pola perilaku dan kebiasaan hidup manusia merupakan titik awal yang bisa dipegang untuk membawa suatu perilaku yang sehat.

Dalam kehidupan manusia kesehatan merupakan sesuatu yang berharga bahkan tidak ternilai. Kesehatan bukan hanya berkaitan dengan penyakit tetapi mempunyai dimensi yang lebih luas. Yaitu selain dimensi fisik (biologis), juga berkaitan dengan dimensi mental (perilaku) dan sosial (lingkungan) yang keseluruhannya saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Remaja merupakan kelompok yang mempunyai risiko dalam kualitas perilaku kehidupan dan kebiasaan yang sehat. Oleh karena itu untuk mengembangkan pola perilaku sehat pada remaja diperlukan komunikatif dan edukatif yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan remaja.

Peran orangtua, saudara dan lingkungan juga memiliki potensi yang luar biasa untuk mendorong remaja dalam melakukan suatu hal yang baik dan positif. pencarian di dalam jati diri seorang remaja tidak bisa dihentikan begitu saja. Kenapa demikian? Hal tersebut karena di dalam suatu periode transisi yang dialami oleh remaja kebanyakan dari mereka mencari sesuatu yang lebih dominan dalam hal perilaku dan kebiasaan teman-teman sekitarnya.

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Tetapi perlu diperhatikan oleh orangtua bahwa di dalam mendidik anak, khususnya pada remaja tidak bisa dianggap remeh apalagi salah dalam mengatasi perilaku remaja itu sendiri. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orangtua dalam mengimbangi perkembangan remaja yaitu :

1. Berilah pemahaman kepada anak anda, baik sex education, life style, bersosialisasi, kebiasaan yang baik.

2. Manajemen kebersihan baik badan, maupun lingkungan rumah.

3. Memberitahukan larangan dan dibolehkan dalam hubungan pertemanan itu apa saja.

4. Resiko yang akan diterima oleh anak dalam mengambil keputusan.

5. Melatih berfikir jangka panjang, menengah dan pendek.

6. Mengajak untuk saling terbuka dan berkomunikasi dengan keluarga.

7. Aplikasi dalam kesehatan mental perlu dilatih dalam kebiasaan baik dalam informasi yang diterima.

Dari beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengatasi anak remaja, perlu ada pengorbanan yang tidak sedikit. tentu memiliki keterbatasan yang pasti akan ditemui oleh orang tua, jadi semangat dalam menjaga anak remaja kita semoga kedepannya kita bisa menjadi contoh pribadi yang profesional yang baik dan disegani oleh kau remaja,ya!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.