3 Cara Efektif Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat dan Sehat

Cek tekanan darah
Sumber :
  • vstory

VIVA – Salah satu pemicu datangnya penyakit jantung stroke secara tiba-tiba adalah tekanan darah tinggi atau dalam bahasa kedokteran disebut hipertensi.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Melansir Halodoc, hasil tekanan darah ditulis dalam dua angka. Angka pertama (sistolik) mewakili tekanan dalam pembuluh darah ketika jantung berkontraksi atau berdetak.

Angka kedua (diastolik) mewakili tekanan di dalam pembuluh darah ketika jantuk beristirahat diantara detak jantung. Seseorang bisa dikatakan mengalami hipertensi bila ketika diukur pada dua hari yang berbeda, pembecaan tekanan dara sistolik pada kedua hari adalah lebih besar 14 mmHg dan / atau pembacaan tekanan darah diastolik pada kedua hari adalah lebih besar dari 90 mmhg.

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

Seseorang yang telah mengidap hipertensi memiliki gejala yang timbul, gejala umum akibat hipertensi adalah: sakit kepala, lemas, masalah dalam penglihatan, nyeri dada dan sesak napas. Tentunya dengan gejala seperti itu akan sangat menggangu aktivitas sehari-hari. Jika anda sudah mengidap hipertensi salah satu solusinya adalah konsultasi dengan Dokter dan merubah gaya hidup yang lebih sehat.

Berikut beberapa cara menurunkan darah tinggi secara efektif:

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

1. Rutin Berolahraga

Olahraga rutin sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi karena dapat menurunkan tekanan darah tinggi, Olahraga dengan intensitas sedang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Dilansir dari Klikdokter. Pada orang dewasa yang sehat, disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang minimal 150 menit per minggu

Sedangkan untuk yang memiliki hipertensi, dianjurkan melakukan dengan intensitas sedang ke berat minimal 40 menit, sebanyak tiga hingga empat kali per minggu.

2. Mengurangi Konsumsi Garam yang Berlebih

Dengan mengurangi konsumsi garam penderita hipertensi bisa menurunkan tekanan darah tinggi hingga 5-6 mmHg.

Secara umum, batas konsumsi natrium maksimal 2300 miligram perhari.

3. Konsumsi Buah-buahan Kaya Akan Polifenol

Salah satu menurunkan darah tinggi dengan cara mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan senyawa alami polifenol.

Beberapa buah yang mengandung senyawa alami polifenol adalah blueberry, rasberry, blackberry.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.