Santri Ihyaul Ulum: Vaksinasi Merupakan Ikhtiar Melawan Pandemi

Para kiai sepuh dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) menjalani proses vaksinasi Covid-19
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sebagai tokoh pemuka agama memang sejatinya untuk menjadi panutan para umatnya, semua yang disampaikan oleh kiai mempunyai makna yang bernilai lebih agar menjadikan semua umat Islam bisa melaksanakan semua syariat agama islam.

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Seorang kiai bisa memberi perintah kepada santrinya, namun bukan hanya sekadar perintah, tetapi beliau juga memberi contoh. Kalkulasinya, memberi contoh itu lebih mahal daripada memberi perintah.

Dalam hal untuk menjadikan semua tokoh agama dapat hidup sehat, khususnya agama islam. Para kiai sepuh dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) menjalani proses vaksinasi Covid-19. Kegiatan tersebut semata-mata dilakukan sebagai upaya pencegahan Covid-19 di kalangan ulama dan semua pesantren di Jawa Timur.

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Menandakan Pencernaan Sehat

Mengapa harus kiai yang divaksin? Karena kyai atau para ulama adalah sosok pemuka agama yang berinteraksi secara langsung dengan seluruh umat, jemaah, dan santri. Kemudian  apabila program vaksinasi bagi kiai atau para ulama tidak dijalankan, maka pelayanan kepada umat islam menjadi terhambat.

"Vaksinasi sebagai upaya ikhtiar zahir yang wajib dilakukan, meski semua takdir sudah ditetapkan oleh Allah SWT, vaksin ini halal dan mashlahah untuk kita semua" kata Ketua PWNU Jatim, KH. Marzuki Mustamar.

Ramalan Zodiak Senin 22 April 2024, Virgo Dapat Perhatian dari Orang Asing

Di sisi lain, kita harus yakin bahwa setiap bersama kesulitan pasti ada kesuksesan, serta setiap bersama penyakit pasti ada obatnya. Wallahu a'lam bishawab. (Penulis: Mohammad Khoirul Amin, Alumni Ponpes Ihyaul Ulum – Mambaus Sholihin)

Kol goreng

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Kol goreng hidangan yang digemari banyak orang karena kelezatannya, ternyata menyimpan efek samping yang perlu diwaspadai jika dikonsumsi berlebihan, bisa memicu kanker.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.