14 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

kekurangan vitamin D
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kekurangan vitamin D dalam tubuh dapat merusak kesehatan, karena vitamin D adalah Nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Tetapi pada kenyataannya banyak orang tidak menyadari bahwa sebenarnya tubuh telah mengalami kekurangan vitamin D.

Ramalan Zodiak Senin 15 April 2024, Leo Bertemu Cinta Masa Lalu

Sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia bahkan 40 persen orang Indonesia ternyata kekurangan vitamin D.

Kenyataannya vitamin D adalah vitamin yang dapat diproduksi oleh tubuh di kulit sebagai respon terhadap sinar uv dari matahari.

Ramalan Zodiak Minggu 14 April 2024: Cancer Akan Menemukan Belahan Jiwa, Kehidupan Cinta Libra Rumit

Waspadai tanda kekurangan vitamin D. untuk lebih jelasnya berikut 14 tanda yang menunjukkan bahwa tubuh kekurangan vitamin D.

1.  Otot pegal

Ramalan Zodiak Jumat 12 April 2024: Leo Mungkin Bertengkar dengan Pasangan

Vitamin D berperan penting dalam mendukung fungsi gerak dan otot, sehingga sangat penting membangun kekuatan otot. Jika sering pegal tanpa sebab kemungkinan karena kekurangan vitamin D.

2.    Nyeri tulang

Jika dibiarkan, kondisi ini akan mengarah pada radang sendi. Karena jaringan tulang akan terus melakukan pergantian jaringan, maka diperlukannya vitamin D, jika tidak akan mengalamani osteomalasia yang menyebabkan osteoporosis.

3.    Kelelahan

Gelaja kelahan karena kekeruangan Vitamin D akan terasa sampai berhari-hari, sehingga dibutuhkannya vitamin D dibutuhkan untuk menghasilkan energy.

4.    Daya tahan tubuh menurun

Jika kamu kekurangan zat ini, tubuh akan sering sakit. Misalnya flu, sariawan, bronkitis, dan lainnya. Maka cobalah berjemur.

5.    Mood buruh

Suasa hati tidak baik, karena area otak yang berhubungan dengan perasaan bahagian memiliki reseptor vitamin d. kadar vitamin D yang rendah dapat secara signifikan mempengaruhi otak kita. Jika kebutuhannya tak tercukupi, maka lebih rentan mengalami depresi dan gangguan kecemasan.

6.    Tidur tidak nyenyak

Telah ditemukan dalam penelitian bahwa vitamin D juga berperan penting dalam mendapatkan tidur yang baik di malam hari.

7.    Kepala berkeringat

Jika kepala berkeringat namun badan yang lain tidak berkeringat itu indikasi kekurangan vitamin D.

8.    Rambut rontok

Pertumbuhan folikel rambut dirangsang oleh vitamin D, ketika folikel sehat maka rambut juga akan sehat dan tidak akan mudah rontok.

9.    Luka sembuh lebih lama

Vitamin D berperan penting dalam regenerasi sel-sel kulit jadi jika kekurangan vitamin D regenerasi lebih lambat. Karena Vitamin D tersebut berperan dalam melawan infeksi.

10. Pusing

Penelitian menunjukan bahwa ada reseptor vitamin D pada transpotasi saluran kalsium pada system bagian telinga dalam.

11. Masalah jantung

Jika kamu mengabaikan kebutuhan vitamin D, lambat laun hal ini akan meningkatkan tekanan darah. Kamu pun lebih rentan terhadap penyakit jantung.

12. Berat badan berlebih

Karena Vitamin D dapat mengoptimalkan menyerap nutrisi dan menyerap kalori. Tak mengonsumsi vitamin D dengan cukup bisa membuat tubuh semakin gemuk sehingga lemak perut dan pinggang membesar.

13. Infeksi yang berulang-ulang

Vitamin D  dapat menjaga metabolisme tubuh tetap seimbang dan mendukung fungsi kekebalan tubuh, sehingga jika cukupnya vitamin D maka system kekebekan tubuh akan tetap kuat dan mampu memerangi infeksi.

14. Fungsi kognitif berkurang

Vitamin D memiliki fungsi newroprotektif, membantu dalam menjaga fungsi saraf sehingga sangat mendukung kinerja otak kita dalam keadaan yang baik.

Jika tubuh mengalami gejala tersebut maka harus berkativitas di luar ruangan, sehingga kulit bias terpapar sinar matari dan waktu terbaik pagi hari untuk beraktivitas di luar adalah sebelum jam 9 pagi. (Penulis: Alumni Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.