Tetap Aman Berolahraga di Masa Pandemi

Ilustrasi olahraga bersepeda di masa pandemi
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tahukah kalian apa itu definisi olahraga? Olahraga merupakan suatu aktivitas tubuh kita tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani. Olahraga dapat dilakukan secara individual maupun berkelompok.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Olahraga memiliki manfaat yang beragam seperti tubuh menjadi lebih bugar, menjaga metabolisme tubuh, membantu program diet, membuat pikiran rileks dan wajah terlihat lebih awet muda. Lalu pentingkah olahraga di masa pendemi ini?

Meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi ini sangatlah penting. Selain menjaga kesehatan dan memperhatikan asupan gizi, olahraga yang rutin dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh. Namun, pada masa pandemi ini hampir semua kegiatan di luar rumah dibatasi termasuk kegiatan olahraga. 

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Olahraga apa saja yang dapat dilakukan selama masa pandemi ini? Olahraga yang dapat dilakukan yaitu olahraga dengan intensitas dan durasi sedang yang dilakukan di dalam rumah maupun di luar rumah. Olahraga yang dilakukan di dalam rumah contohnya seperti lompat tali, senam cardio, yoga, menari, treadmill dan workout. Sedangkan olahraga yang dilakukan di luar rumah contohnya jalan sehat, jogging dan bersepeda.

Olaraga di luar rumah selain dapat menghilangkan suntuk juga dapat memberikan asupan vitamin D dari sinar matahari yang dapat meningkatkan imunitas pada tubuh. Karena salah satu cara yang dapat mematikan virus Covid 19 yaitu dengan berjemur dibawah sinar matahari.

Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

Perlu diperhatikan protokol kesehatan jika ingin berolahraga di luar rumah. Apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin berolahraga di luar rumah? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk berolahraga di luar rumah, diantaranya : 

  1. Protokol kesehatan yang harus tetap dijaga. Seperti tetap menggunakan masker, mencuci tangan setelah olahraga dan membawa handsanitizer.
  2. Sebisa mungkin menjauhi kerumunan dan menjaga jarak, sehingga tidak melakukan kontak dengan orang lain.
  3. Jika ingin melakukan olahraga secara berkelompok, diusahakan dengan jumlah yang seminimal mungkin. misalnya 4 sampai 5 orang.
  4. Sesuaikan durasi berolahraga dengan kondisi fisik.
  5. Lakukan olahraga secara rutin.

Jadi kita tidak perlu khawatir jika ingin berolahraga di masa pandemi ini. Karena dengan imunitas tubuh yang baik, tubuh dapat menangkal infeksi dan virus yang masuk.

Selama masa pandemi ini kita dapat melakukan aktivitas seperti biasanya tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada. Selain berolahraga, kita juga harus tetap memperhatikan pola makan yang baik, pola pikir yang jernih serta isitirahat yang cukup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.