5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi

Berolahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pada masa pandemi seperti saat ini, menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan bugar adalah sebuah keharusan, sebab tubuh kita harus tetap terjaga imunnya agar tidak gampang tertular penyakit bahkan virus. Berikut ini beberapa cara agar imun tubuh dapat selalu terjaga :

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

1. Mengonsumi Makanan Bernutrisi

Daya tahan tubuh kita ditentukan oleh kualitas makanan yang kita konsumsi, sebab kandungan dalam makanan yang kita makan adalah salah satu faktor terjaganya imunitas tubuh. Konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

2. Waktu Tidur yang Cukup

Kekebalan tubuh manusia juga dipengaruhi oleh waktu tidur. Sebuah studi mengatakan bahwa orang yang memiliki waktu tidur kurang dari 7 jam berpotensi 3 kali lebih cepat terserang penyakit daripada orang dengan waktu tidur yang cukup, yaitu 8 jam.

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan waktu untuk membuang racun di dalamnya melalui cara detoksfikasi dan recovery yang terjadi pada saat kita terlelap, karena itulah daya tahan tubuh kita pun tergantung pada kualitas tidur yang kita miliki.

3. Mengkonsumsi Air Putih

Air adalah sebuah cairan yang terdapat hampir pada sebagian besar tubuh manusia. Kurangnya cairan ini akan menyebabkan dehidrasi sehingga membuat kekebalan tubuh ikut melemah, karena itulah tubuh membutuhkan setidaknya 8 sampai 10 gelas air untuk orang dewasa agar tubuh dapat tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

4. Olahraga

Berolahraga dan membiarkan tubuh aktif bergerak akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Hal ini tentu berpengaruh pada imunitas tubuh karena bisa membuat nutrisi, mineral, dan oksigen tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh. 

5. Konsumsi Suplemen dan Vitamin Daya Tahan Tubuh

Selain melakukan cara-cara di atas, kamu juga dapat mengkonsumsi suplemen penambah daya tahan tubuh atau vitamin agar kekebalan tubuhmu menjadi lebih kuat.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.