6 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Sehat

Olahraga sepeda (Foto/Pixabay.com)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sekarang banyak orang yang mengeluh soal berat badan badan berlebih, sebagian dari mereka banyak yang malas berolahraga apalagi dalam masa pandemi ini.

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

Kenapa berat badan harus diperhatikan? Karena selain untuk kesehatan, berat badan juga berpengaruh terhadap penampilan. Selain itu berat badan yang berlebih juga dapat menyebabkan banyak penyakit.

Saat ini berat badan yang ideal adalah hal yang diinginkan oleh banyak orang terutama perempuan. Banyak usaha yang dilakukan oleh sebagian orang untuk menurunkan berat badan yaitu dengan mengonsumsi obat atau melakukan diet sehat dengan diimbangi oleh olahraga.

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Berikut ini adalah cara sehat untuk menurunkan berat badan :

1. Mengonsumsi banyak sayuran dan buah buahan

Ramalan Zodiak Jum’at 19 April 2024, Sagitarius: Teman dekat Mungkin Mengkhianatimu

Untuk menurunkan berat badan kita harus mengonsumsi makanan yang sehat, kita harus banyak mengonsumsi sayuran dalam menurunkan berat badan, mengonsumsi sayuran sangatlah penting.

Selain mengonsumsi sayuran menurut saya kita juga harus mengonsumsi banyak buah buahan terutama buah yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan contohnya buah pepaya, buah apel, buah bit, buah alpokat, dan pisang.

2. Jangan lupakan sarapan

Dulu saya mengira bahwa tidak sarapan akan menurunkan berat badan dengan cepat, tetapi hal itu salah besar, karena sarapanlah yang memberikan kita energi untuk beraktivitas sepanjang hari, sarapan juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sarapan itu membuat kita lebih lama menahan lapar. Jadi, mulai saat ini kita harus mulai membiasakan untuk sarapan setiap pagi dengan catatan sarapan sehat.

3. Banyak minum air mineral

Sama halnya dengan sarapan, menurut saya banyak minum air mineral dapat membantu menurunkan berat badan, karena air mineral berfungsi membantu mempercepat metabolisme tubuh.

Dalam menurunkan berat badan, kita perlu meminum lebih banyak air dari batas minimal yang kita konsumsi yaitu 2,7 liter untuk wanita, dan kita bisa tambahkan menjadi 3 sampai 4 liter per hari dan 3,7 untuk pria, dan kita bisa menambahkan menjadi 4 sampai 5 liter per hari.

Selain itu meminum air mineral juga dapat mencegah berbagai penyakit. Maka dari itu kita harus banyak minum air mineral.

4. Buat rencana makan untuk besok

Merencanakan akan makan apa besok? Itu juga termasuk hal yang penting dalam usaha menurunkan berat badan,karena itu akan akan menghindarkan kita dari ‘kepanikan’ saat melihat berbagai menu di waktu makan kita.

Jika kita sudah merencanakan apa yang akan dimakan esok hari, maka kita akan tenang dan kita akan dengan mudah menghitung gizi atau kebutuhan kalori kita.

5. Defisit kalori 

Kata defisit kalori sudah biasa didengar kalangan orang khususnya orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Taukah kamu apakah defisit kalori itu? Defisit kalori adalah cara menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan kalori harian, kita hanya perlu memangkas 500 kalori dari kebutuhan kalori harian kita.

Misalnya kita biasanya mengonsumsi 2.100 kalori, sewaktu defisit kalori kita hanya mengonsumsi 1.600 kalori. Kita tidak perlu memangkas terlalu banyak kalori karena kita akan kekurangan energi, itu dapat membuat badan terasa lemas, rambut rontok, dan untuk wanita haid tidak teratur.

6. Rajin berolahraga

Selain memangkas kalori yang masuk, kita juga harus berolahraga untuk membantu menurunkan berat badan. Banyak manfaat olahraga dalam masa penurunan berat badan diantaranya membakar lemak, meningkatkan massa otot, serta membakar kalori.

Ada banyak jenis olahraga yang dilakukan sebagian orang untuk menurunkan berat badan, diantaranya ada olahraga yang bisa dilakukan di ruang terbuka yaitu: joging, jalan 40 menit tanpa henti, bersepeda, berenang, dan masih banyak lagi olahraga.

Selain olahraga yang dilakukan di ruang terbuka, juga ada olahraga yang bisa dilakukan di ruang tertutup / indoor yaitu: workout di dalam rumah dengan push up, sit up, plank, senam dan masih banyak lagi.

Cara-cara di atas merupakan cara yang dipakai sebagian orang, dan cara tersebut juga cara yang saya sendiri pakai. Menurut pengalaman saya, cara di atas sangatlah baik jika dilakukan secara rutin, karena dengan melakukan cara di atas dan berolahraga, maka badan tidak akan bergelambir.

Untuk menurunkan berat badan, kita juga harus konsisten dan sabar menjalaninya, sedikit dan perlahan pasti dan yakin bahwa usaha yang dilakukan tidak akan sia sia. (Penulis: Indri Dian Utami)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.