Covid-19 Melonjak, Penerapan Patient Safety Dipertaruhkan

Nakes Kelelahan
Nakes Kelelahan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pada pertengahan Juni Indonesia mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang lumayan mengkhawatirkan. Bagaimana tidak, dalam sehari saja pasien yang dinyatakan positif dapat mencapai 5000 orang setiap harinya. Lonjakan kasus Covid-19 terbanyak terjadi di wilayah pulau Jawa dan Sumatra terutama di wilayah Jawa Tengah.

Lonjakan Covid-19 ini diperkirakan dampak dari libur Lebaran Mei lalu. Pada saat Lebaran, orang-orang nekat mudik di tengah pandemi walaupun Pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan dilarang mudik.

Parahnya lagi, beberapa tempat Pariwisata dan pusat perbelanjaan malah dibuka padahal hal itu dapat berpotensi terjadinya kerumunan. Maka wajar jika prediksi buruk para ahli kesehatan akhirnya terjadi

Hal ini membuat rencana-rencana seperti sekolah tatap muka terancam gagal, ekonomi terancam kembali mengalami penurunan serta beberapa Rumah Sakit menunjukan tanda-tanda overload.

Beberapa Rumah Sakit sendiri menyatakan jika Pemerintah tidak segera melakukan tindakan dikhawatirkan Rumah Sakit akan Collaps seperti lonjakan Covid-19 di India.

Dampak lainnya dari lonjakan Covid-19 ini adalah beban kerja Nakes yang semakin tinggi. Perlu kita sadari Nakes adalah ‘garda’ terdepan untuk menanggulangi Covid-19. Dengan tingkat positif semakin tinggi setiap harinya dibandingkan jumlah Nakes, yang jumlahnya tetap dikhawatirkan membuat tingkat keselamatan pasien (patient safety) di Rumah Sakit menurun.

Keselamatan pasien (patien safety) dalam Peraturan Mentri Kesehatan No. 11 Tahun 2017 adalah sistem yang membuat asuhan pasien lebih aman, melalui asesmen risiko, identifikasi dan pengelolaan risiko pasien, pelaporan dan analisa insiden, kemampuan belajar dari insidendan tindak lanjutnya, serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko dan mencegah terjadinya cedara.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.