Rusun Mahasiswa Dipakai Menampung Pasien COVID-19

Rusun Mahasiswa (foto dok Unsoed)
Sumber :
  • vstory

VIVA –  Berbagai cara ditempuh pemerintah, Satgas, maupun pihak masyarakat dalam ikut serta membantu penanganan pasien Covid19. Salah satunya dari kalangan kampus perguruan tinggi.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Warga Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah misalnya, bersatu membantu mahasiswa yang positif Covid-19 dengan menghidupkan Rumah Isolasi Bahagia (RISOBA), dari rumah susun mahasiswa Unsoed.

Rumah susun mahasiswa ini dimanfaatkan sebagai kunci solidaritas untuk kelangsungan hidup bagi semua di masa pandemi Covid-19.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

“Tidak ada yang aman sampai semua orang aman,” ungkap Koordinator Sistem Informasi Unsoed, Ir. Alief Einstein, M.Hum saat mendampingi pemaparan Sekretaris Tim Pendampingan AKB Unsoed, Dyah Susanti, SP, MP.

Penanggulangan Covid-19 menurut Dyah Susanti, tak lagi hanya cukup dilakukan oleh masing-masing pihak. Kolaborasi menjadi bagian penting dalam menghadapi situasi pandemi yang terus berlangsung dan belum juga berujung.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Sejak akhir tahun 2020, saat terjadi puncak pandemi pertama di Indonesia, termasuk di wilayah Kabupaten Banyumas dan sekitarnya, Tim Pendampingan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Unsoed mendapat tugas dari rektor untuk menjalankan peran dan fungsi Satgas Covid-19 Unsoed, telah menginisiasi lahirnya konsep Rumah Isolasi Bahagia (RISOBA) Unsoed.

Konsep Risoba yang digagas oleh dr. M. Zaenuri Syamsu Hidayat, Sp.KF, M.Si.Med, Eri Wahyuningsih, S.Ked, M.Kes, Dr. dr. Dody Novrial, Sp.PA, M.Si. Med, Dyah Susanti, SP, MP, Dr. Sos. Waluyo Handoko, SIP, M.Sc dan Hermawan Prasojo, SH, MH sebagai Tim Pendampingan AKB Unsoed.

Ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa Unsoed yang menjalani isolasi mandiri karena terkonfirmasi positif Covid-19, tetapi tidak memungkinkan dilaksanakan di rumah. Bahkan di rumah kost karena berbagai hal, terutama untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 di tempat tinggal kasus positif.

Rumah Isolasi Bahagia Unsoed berusaha menghadirkan tempat isolasi yang kondusif bagi proses pemulihan infeksi Covid-19 yang tidak hanya nyaman secara fisik akan tetapi juga terpantau dari aspek klinis, logistik, dan kondusif secara psikologis.

Dyah Susanti menjelaskan bahwa lonjakan penularan Covid-19 di bulan Juni 2021 mendorong dihidupkannya konsep Risoba ini. Fasilitas disediakan Unsoed dan dikoordinasi oleh Badan Pengelola Usaha (BPU) Unsoed.

Rumah Susun Mahasiswa Unsoed

Risoba memanfaatkan Rumah Susun Mahasiswa Unsoed yang kosong selama pandemi, gedung dilengkapi dengan fasiltas dan peralatan yang diperlukan mahasiswa terkonfirmasi positif Covid-19 dalam menjalani isolasi.

Penyediaan logistik, khususnya dalam penyediaan konsumsi bagi penghuni Risoba bersumber dari donasi warga Unsoed, alumni, dan masyarakat umum dalam berbagai bentuk. Kebersamaan yang tergalang dari berbagai pihak, menghidupkan konsep yang telah digagas lama ini, dan memberi manfaat besar bagi civitas akademika, khususnya mahasiswa yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Selama di Risoba Unsoed yang diketuai Dr. Tyas Retno Wulan, S.Sos, MSi. (dosen FISIP Unsoed), mahasiswa yang menjalani isolasi mendapatkan pendampingan kesehatan secara daring (online) dari tim monitoring kesehatan Unsoed. Terdiri dari dokter, perawat, dan psikolog dikoordinasi Annas Sumeru, S.Kep, Ns, M. Kep, Sp.Kep. MB.

Jika dalam masa isolasi terdapat penghuni yang mengalami penurunan kondisi kesehatan, tim pendamping monitoring kesehatan melalui Tim Pendampingan AKB Unsoed berkoordinasi dengan rumah sakit dan Dinas Kesehatan Banyumas untuk penanganan lebih lanjut.

(Nur Terbit, Netizen & Blogger)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.