Banyak Aneka Rasa Kulineran di Festival Sate Padang

Festival sate padang
Sumber :
  • vstory

Kabar gembira bagi Anda penikmat kuliner sate Padang. Di sepanjang ruas Jalan Permindo, Kota Padang, Sumatera Barat, pada Sabtu sore, 16 Februari 2019 ada event bertajuk Festival Sate. Berbagai macam cita rasa khas sate Padang, baik itu yang berkuah kuning atau kemerahan, dapat Anda temui. Dipastikan, lidah Anda bakal dimanjakan oleh kudapan favorit asal Ranah Minang itu.

Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia

Festival sate ini sengaja dihelat oleh Kesatuan Pedagang Jalan Permindo (KPJP) bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Kota Padang. Sebanyak 30 pedagang sate, dilibatkan dalam acara tersebut. Dengan tujuan, mengembalikan kepercayaan publik terhadap kuliner sate Padang, pasca terbongkarnya kasus oknum pedagang sate bermerek KMS kawasan tugu Padang Area di Simpang Haru, Padang Timur yang menjual sate Padang berbahan dasar daging babi pada 29 Januari 2019 lalu.

Penasehat Kesatuan Pedagang Jalan Permindo, Miko Kamal menyebutkan, kejadian ditangkapnya pedagang sate di Simpang Haru yang menjual daging babi, sempat mengguncang moral dan ekonomi sebagian besar pedagang sate. Masyarakat yang selama ini menikmati kuliner khas Minang itu menahan diri untuk makan atau membeli sate. Masyarakat curiga, jangan-jangan sate yang dijual selain di Simpang Haru itu juga menggunakan daging babi.

Membanggakan! 5 Makanan dan Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO, Terbaru Ada Jamu

"Dengan maksud mengangkat moral dan ekonomi pedagang sate serta mengembalikan kepercayaan publik terhadap kuliner sate, KPJP dan Dinas Perdagangan Kota Padang berinisiatif menyelenggarakan Festival Sate pada hari Sabtu besok. Dimulai dari pukul 16.00 WIB sampai 21.30 WIB," kata Miko Kamal, Kamis, 14 Februari 2019.

Lebih lanjut Miko mengungkapkan bahwa seluruh pedagang sate yang dilibatkan dalam acara itu, sama sekali tidak dipungut biaya. Seluruh fasilitas yang dibutuhkan oleh pedagang seperti tenda, meja dan listrik, disediakan oleh Dinas Perdagangan dan pedagang anggota KPJP. Pengunjung yang datang ke Festival Sate dapat membeli sate seperti biasa dengan harga yang ditentukan oleh masing-masing pedagang.

August Raih Prestasi Gemilang! Masuk Daftar 50 Restoran Terbaik Asia 2024

Bahkan kata Miko, untuk menjamin sate yang dijual oleh para pedagang terjamin kehalalannya, panitia juga sudah meminta pedagang sate untuk menandatangani surat pernyataan yang berisi bahwa mereka selama ini tidak pernah menggunakan bahan-bahan yang tidak halal untuk dagangan mereka dan berjanji tidak akan menggunakan bahan-bahan haram untuk dagangan mereka.  

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Diakui Tatiek jika usahanya membutuhkan peralatan yang memadai, sehingga ia akhirnya memutuskan untuk mencari pinjaman modal usaha lewat KUR BRI. “Untuk membuat ayam dan

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.