Mie Tek Tek, Kulineran Malam Hari yang masih Eksis

Tukang mie tek tek sedang meracik jualannya(dokpri)
Sumber :
  • vstory

VIVA  – Enaknya kuliner ini disajikan malam hari, ketika udara terasa dingin dan paling endes mah nyantap mie yang disajikan panas panas. Yup, ini tentang mie tek tek dengan khasnya suara wajan atau kuali yang dipukul pukul oleh tukang dagangnya, pertanda ia lewat.

Selebgram Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba Karena Isap Rokok Elektrik Rasa Ganja

Cerita tentang penganan bernama mie tek tek di pinggiran Kota Jakarta yang keberadaannya sudah jarang terlihat.

Sebenarnya makanan ini sama saja dengan mie mie biasa yang kita konsumsi, dagangan yang kerap dijual saat malam hari dan dipikul ini populer karena si tukang jualan memukul tepian wajan sehingga menimbulkan suara “ Tek...tek...tek...tek,” jadi deh di sebut Mie Tek Tek.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Varian Mie Tek Tek ada yang direbus dan digoreng, mie direbus dulu dan dicampur dengan rupa rupa sayuran seperti tomat, kol, seledri serta dilengkapi dengan telor.

Setelah itu bahan bahan tersebut diberi bumbu yang telah diracik oleh penjualnya, mirip mirip bumbu nasi goreng deh.

Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM

Si mie yang sudah matang dan sayuran serta telor diaduk aduk hingga akhirnya diangkat dari wajan, untuk mie goreng di buang airnya, untuk mie rebus airnya disertakan.

Mengonsumsi Mie Tek Tek enaknya selagi hangat lho. Ngejajal beli Mie Tek Tek di Abang-abang yang jualannya dipikul, kangen rasanya yang pas dengan rakyat jelata hehe.

Seporsi Mie Tek Tek dibanderol dengan harga sepuluh ribu, yang unik dari Mie Tek Tek ini dimasak tanpa menggunakan gas yang bertabung “melon”, namun petromax yang dimodif menjadi kompor, jika apinya mengecil maka si kompor pun dipompa agar nyala apinya stabil, bahan bakarnya minyak tanah yang saat ini satu liternya seharga lima belas ribu rupiah.

Wokeh saatnya menyantap lezatnya Mie Tek Tek yang dulu sih eksis kalau ada keriaan atau hajatan seperti nanggap layar tancap, kuliner yang saat ini udah jarang terlihat lagi seiring meredupnya pesona layar tancap. Namun, ada juga satu dua pedagang Mie Tek Tek yang masih eksis berdagang.

Mengenang kembali dan merasakan nikmatnya Mie Tek Tek dan kangen masa masa bergerombol dan berburu hajatan yang hiburannya adalah layar tancap, dan pedagang Mie Tek Tek pun hadir menyambut kemeriahan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.