Cobain 3 Kuliner Khas Pontianak yang Lezat Ini, Yuk!

Kuliner Pontianak Yang Wajib Dicicipi
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id Hai Wakulovers! Buat kalian yang suka banget wisata kuliner ke seluruh Indonesia, kalian wajib banget mampir di kota Pontianak, Kalimantan Barat. Mengapa? Karena kuliner Pontianak tuh enak-enak lho! Ada banyak menu legendaris yang bisa kalian coba. Nah kali ini kita mau merekomendasikan kalian untuk mencoba 3 di antaranya. Apa saja ya?

Kapan Nama DKI Jakarta Berganti DKJ Resmi Digunakan?

1. Ce Hun Tiau

Ce Hun Tiau ini adalah dessert atau makanan penutup yang legendaris di Pontianak. Ce Hun artinya sagu dan Tiau artinya helai. Sehingga Ce Hun Tiau pada dasarnya adalah sagu yang berbentuk helaian.

Pimpinan DPR Kompak Tak Mau Revisi UU MD3

Ketika melihatnya pertama kali, mungkin yang teringat adalah ia mirip dengan cendol namun lebih halus dan kecil-kecil. Biasanya dalam satu porsi Ce Hun Tiau ditemani kacang merah, bongko (sejenis kue jongkong), santan dan gula merah. Orang-orang kadang menambahkan ketan hitam untuk meningkatkan kelezatan Ce Hun Tiau. Ce Hun Tiau cocok sekali untuk dimakan di siang hari agar dahaga hilang dan tubuh menjadi segar.

2. He Tiaw
He tiaw pada dasarnya adalah stik udang. Rasanya hampir mirip dengan bakso udang goreng. Rasanya gurih dan manis khas daging udang. Biasanya dimakan dengan cara dipotong kecil-kecil lalu dicelupkan ke saus merah yang asam, pedas dan terasa bawang putihnya. He tiaw sangat cocok untuk hidangan pembuka atau camilan sore.

Puan Tegas Bilang Pemenang Pileg 2024 yang Berhak Jadi Ketua DPR

3. Cha Ko Kue
Cha Ko Kue ini lumayan unik, dia terbuat dari semacam adonan dari tepung beras yang dipotong dadu kemudian ditumis dengan minyak bawang putih, kecap khas Kalimantan, dan daun kucai. Biasanya orang menambahkan telur agar lebih sedap. Rasa dari racikan Cha Ko Kue ini dominan rasa bawang putih, gurih dan manis. Orang Pontianak biasa menjadikan Cha Ko Kue sebagai camilan malam.

Itu dia Wakulovers, 3 rekomendasi kuliner legendaris Pontianak yang harus banget kalian coba.

Sofyan Dado

Keluarga Ungkap Penyebab Meninggalnya Sopyan Dado, Punya Riwayat Diabetes Hingga Sakit Jantung

Sopyan Dado meninggal dunia pada hari ini, Kamis, 28 Maret 2024. Sang aktor meninggal dunia di salah satu rumah sakit yang berada di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.