5 Kopi dengan Harga Termahal, Nomor 4 Ternyata dari Kotoran Gajah

Kopi Termahal
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kopi memiliki berbagai jenis pilihan dari yang mahal sampai yang murah. Jika Anda suka minum kopi, pasti tahu 5 jenis kopi termahal di dunia yang memiliki harga fantastis. Biji kopi di dunia dikenal dalam 2 jenis, kopi robusta dan arabika.

Kopi Termahal di Dunia, Harganya Rp906 Ribu Per Cangkir

Dari 2 jenis kopi tersebut, selanjutnya dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis biji kopi dari dua tempat yang berbeda tentu memiliki rasa dan aroma yang berbeda pula. Mulai dari karakter, aroma, kandungan kafein, dan keasaman. Berikut adalah 5 jenis kopi termahal di dunia yang memiliki harga fantastis, ada juga kopi dari Indonesia.

1. Kopi Ospina

Black Ivory, Kopi Termahal yang Harganya Bikin Menangis

Jenis kopi ini termasuk dalam kategori kopi Arabika. Kopi ini pertama kali ditemukan di dataran tinggi Kolombia pada tahun 1835. Jenis kopi ini juga merupakan kopi pertama yang tumbuh di dataran tinggi Kolombia dan Guatemala pada waktu itu. Kopi Ospina memiliki harga yang fantastis. Hanya berukuran 250 gram, kopi ini dijual dengan harga $770 atau sekitar Rp10.790.000. Wow! Bagi Anda pecinta kopi, apakah Anda bersedia menghabiskan uang sebanyak itu?

2. Kopi Saint Helena

Syekh Abu Al Sebaa, Seorang Dermawan Penyedia Makan Gratis untuk Jemaah Umrah Meninggal Dunia

Kopi Saint Helena pertama kali dibawa dari Mocha, Yaman dan kemudian ditanam di salah satu pulau kecil di Samudra Pasifik. Pulau itu akhirnya diberi nama Pulau St. Helena, dan menjadi kopi favorit oleh Napoleon selama pengasingannya. Napoleon juga berencana untuk mengekspor kopi jenis ini. Meski terancam punah, kopi ini tetap bisa Anda nikmati. Dalam ukuran 100 gram kopi Saint Helena dijual dengan harga 60 Poundsterling atau sekitar Rp1.083.000.

3. Kopi Geisha

Kopi Geisha ini diyakini berasal dari Ethiopia, dan diimpor dari Kosta Rika ke Panama. Jenis kopi ini memiliki aroma wangi yang memadukan bunga dengan buah jeruk. Kopi yang memiliki rasa dan aroma khas dijual dengan harga yang sangat tinggi. Kopi ini dijual dalam satu set berisi 15 paket kopi dengan berat 120 gram per bungkus. Satu set kopi Geisha dijual dengan harga $475 atau Rp6.655.900 dengan berat 1,8 kilogram.

4. Kopi Gading Hitam

Jika kopi luwak adalah hasil fermentasi kotoran luwak yang tersisa, beda dengan Kopi Gading Hitam. Kopi ini adalah hasil fermentasi kotoran gajah. Kopi ini diproduksi oleh perusahaan di Thailand Utara yang disebut Black Ivory Coffee Company. Kopi Black Ivory dijual per 1 paket dengan berat 35 gram seharga $100 atau jika dikonversi menjadi Rp1.400.250.

5. Kopi Luwak

Kopi Luwak termasuk dalam kategori kopi Robusta. Kopi ini berbeda dari jenis lain, karena kopi ini adalah kopi fermentasi dari sisa kotoran hewan luwak (musang). Kopi ini pertama kali ditemukan di Indonesia pada awal abad ke-18 ketika Belanda membuka perkebunan komersial di Hindia Belanda, terutama di pulau Jawa dan Sumatra. Kopi luwak telah terkenal di kawasan Asia Tenggara sejak 1980-an. Dan menjadi salah satu kopi termahal, dijual seharga $700 atau Rp9.700.000 per kilogram.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.