Ini Perbedaan Nasi Liwet Jawa dan Sunda

Kuliner Indonesia
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kalau kita tanya ke orang Jawa, seperti apa nasi liwet itu, jawaban mereka akan berbeda dengan jawaban jika kita bertanya ke orang Sunda. Kira-kira, apa ya perbedaan antara nasi liwet Jawa dan nasi liwet Sunda? Setelah membaca artikel ini, kalian sudah tidak perlu lagi bingung apa perbedaan di antara keduanya.

Sensasi Menyantap Nasi Liwet Sambil Nikmati Pemandangan Kota

Nasi liwet di Jawa dikenal sebagai makanan khas kota Solo dan merupakan kuliner asli daerah Baki, Kabupaten Sukoharjo. Nasi liwet adalah nasi gurih yang dimasak dengan kelapa mirip nasi uduk. Biasa disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa). Jika kalian ingin mencoba nasi liwet Jawa ini, bisa mencobanya di Nasi Liwet Bu Wongso Lemu.

Berbeda dengan versi Jawa, nasi liwet Sunda adalah nasi yang cara masaknya di dalam tungku dengan dibumbui sereh dan laos serta daun salam. Untuk menambah rasa, biasanya ditambahkan ikan asin. Sejak pertengahan tahun kemarin, mulai banyak acara-acara yang menjadikan nasi liwet Sunda sebagai hidangannya.

Nasi Liwet Paling Enak di Solo, Gurihnya Bikin Melongo

Cara menyajikannya yakni dengan diberi alas daun pisang, nasi ditaruh di sekeliling daun dan lauk-pauk diletakkan di tengah daun. Lauk pauknya pun beraneka macam. Rata-rata lauk pauk yang digoreng, seperti ayam, ikan, petai, jengkol, bakwan jagung, ikan asin khas masakan sunda dan tidak lupa juga lalapannya.

Tangkapan gambar video viral para pedagang di Tasikmalaya liwetan saat PPKM

Viral Puluhan Pedagang Liwetan dekat Pos Penyekatan PPKM Tasikmalaya

Pedagang di Tasikmalaya yang ikut mengatakan mereka melakukannya secara spontan dan tak ada kaitan dengan PPKM. Benarkah demikian?

img_title
VIVA.co.id
26 Juli 2021
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.