Inilah Isi Nasi Bogana, Pas Buat Hidangan di Acara Kumpul-kumpul

Kuliner Nusantara
Sumber :
  • vstory

VIVA – Jika kalian mau ada acara kumpul-kumpul, hal yang paling menjadi perhatian adalah persiapan makanannya. Nah, jika makanan yang disajikan itu-itu saja saat ada acara, pasti kita sudah pada bosan, dong? Kali ini kami akan merekomendasikan suatu menu alternatif yang bisa kalian pilih ketika menyiapkan makanan untuk acara kumpul-kumpul yaitu nasi bogana.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Nasi bogana atau nasi begana adalah hidangan nasi gaya Indonesia, yang berasal dari Tegal, Jawa Tengah. Biasanya dibungkus dalam daun pisang dan disajikan dengan berbagai lauk. Lauk yang biasa disajikan untuk nasi bogana antara lain:

1. Opor ayam

Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia

Rasa gurih dari kuah opor ayam menjadikan nasi bogana menjadi lebih lezat. Apalagi jika opor ayamnya dibuat dengan kuah agak kental. Ketika nasinya bercampur dengan kuah maka rasa yang tercipta akan semakin lezat.

2. Orek tempe

Membanggakan! 5 Makanan dan Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO, Terbaru Ada Jamu

Orek tempe menyumbang tekstur renyah dan rasa yang manis gurih. Tekstur renyah akan menambah kenikmatan sesuap nasi bogana terlebih rasa manisnya akan mengimbangi rasa lauk lain.

3. Sambal goreng kentang

Tekstur lembut dan rasanya yang agak pedas menambah kelezatan nasi bogana. Aroma cabai yang tercium akan membuat rasanya lebih segar.

4. Telur pindang

Selain ayam, ada lagi protein berupa telur. Telur yang dimasak pindang akan membuat tampilan nasi bogana lebih cantik dan juga membuat seporsi nasi bogana cukup mengenyangkan.

Itu dia menu yang sering kita temui jika makan nasi bogana. Tidak lupa dengan sambal yang pedas serta kerupuk yang akan jelas menambah kenikmatannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.