Rengginang, Si Renyah yang Bikin Nagih

Kuliner Indonesia
Sumber :
  • vstory

VIVA – Biasanya saat hari raya Lebaran, ada kaleng dari merek ternama yang sering dijadikan meme di media sosial. Kaleng ini menjadi meme karena orang-orang sering salah mengira isi kaleng tersebut adalah biskuit dan wafer sesuai gambar yang tertera padahal nyatanya sang pemilik rumah sudah mengganti isi kaleng tersebut dengan camilan bernama rengginang.

GrandMax Maut Tewaskan 12 Orang di Tol Cikampek Mobil Travel Gelap? Ini Kata Kapolri

Meski bukan biskuit yang didapat, orang-orang tetap memakan rengginang tersebut karena teksturnya yang renyah dan rasanya yang enak. Tidak salah jika rengginang kerap hadir di toples atau kaleng hari raya karena memang banyak yang menggemari.

Nah, apakah kalian tahu betul rengginang itu camilan apa? Rengginang pada dasarnya adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng panas dalam minyak goreng dalam jumlah yang banyak.

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

Agak berbeda dari jenis kerupuk lain yang umumnya terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo, rengginang tidak dihancurkan sehingga bentuk butiran nasi atau ketannya masih tampak. Seringkali rengginang dibuat dari nasi sisa yang tak termakan. Lalu dijemur dan dikeringkan untuk kemudian digoreng.

Di Jawa Tengah juga dikenal penganan yang sama yang disebut intip goreng. Yakni kerak nasi sisa menanak yang melekat pada dandang yang kemudian dikeringkan dan digoreng. Perbedaan antara intip goreng dan rengginang hanyalah pada ukurannya.

4 Alasan Kenapa Vietnam Asyik Banget Buat Solo Traveling

Intip berukuran lebih besar daripada rengginang karena dicetak dari dasar dandang atau periuk penanak nasi. Biasanya intip diberi olesan gula merah untuk memberi rasa. Rengginang dapat digoreng tanpa diberi bumbu maupun rasa, asin atau manis karena rasa orisinil dari nasi kering sudah ada gurihnya. Tapi ada juga jenis rengginang yang diberi rasa dengan udang, terasi, atau kerang lorjuk (kerang bambu).

Penasaran gimana rasanya rengginang? Atau sudah pernah coba dan kepikiran untuk sediakan rengginang di rumah dan di kantor? Pokoknya hati-hati saja ya kalau makan rengginang. Hati-hati ketagihan!

Suasana penumpang di area check in bandara soekarno-hatta

Soekarno-Hatta Airport Gets the Busiest Title in Southeast Asia

The intelligence travel agency OAG Aviation Worldwide Limited show that Soekarno-Hatta Airport (Soetta) is the busiest airport in Southeast Asia.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.