Olahan Labu Kuning Lezat, Dijamin Gak Bikin Program Dietmu Gagal

Kuliner Nusantara
Sumber :
  • vstory

VIVA – Siapa sih yang tidak ingin tubuh langsing? Sebagian besar wanita tentu menginginkan tubuh yang langsing. Sehingga banyak orang yang memiliki masalah berat badan berlebih dan akhirnya memilih menjalankan program diet.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Selain membuat tubuh mereka menjadi langsing, diet juga baik untuk menjaga kesehatan. Kalau sudah menjalankan program diet, secara otomatis apa yang kita makan harus dibatasi.

Tapi, olahan labu kuning berikut ini tak akan bikin program dietmu gagal loh. Bagi kalian yang suka dengan labu kuning (waluh) dan sedang menjalankan program diet, tak perlu khawatir saat makan labu kuning.

Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia

Olahan labu kuning tidak akan membuat berat badanmu naik drastis. Hal ini karena labu kuning mengandung kalori yang sangat rendah. Nah, kalian bisa menikmati beberapa olahan labu kuning berikut ini tanpa takut gemuk.

1. Klepon Labu Kuning

Membanggakan! 5 Makanan dan Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO, Terbaru Ada Jamu

Klepon merupakan salah satu jajanan pasar yang masih eksis sampai sekarang. Makanan tradisional ini umumnya terbuat dari tepung ketan. Namun, untuk menambah cita rasa yang berbeda, kalian bisa juga menambahkan labu kuning sebagai campuran tepung ketan.

Pastikan kalian merebus labu kuning dan menghancurkannya terlebih dahulu sebelum diuleni bersama tepung ketan untuk membuat adonan klepon. Warna kuning dari labu kuning tersebut akan membuat klepon lebih unik.

2. Puding Labu Kuning

Kalian juga bisa membuat camilan puding labu kuning. Caranya sangat mudah, kukus labu kuning dan haluskan. Campurkan labu kuning tersebut dengan bubuk agar-agar. Cara memasaknya, sama seperti saat kalian mengolah agar-agar atau puding. Jika sudah matang, tuangkan ke dalam cetakan dan dinginkan. Puding labu kuning siap dijadikan camilan segar di siang hari.

3. Donat Labu Kuning

Kita tahu bahwa donat biasanya dibuat dari bahan utama tepung terigu atau kentang. Namun, kalian juga bisa lho membuat donat dengan labu kuning. Caranya seperti saat kalian membuat donat dengan kentang. Pertama, kukuslah labu kuning hingga matang, kemudian haluskan. Campurkan dengan tepung terigu, dan bahan lain untuk membuat donat. Uleni hingga semua bahan tercampur rata dan diamkan sampai mengembang. Bentuk adonan donat bulat-bulat lalu goreng.

Nah, itulah 3 olahan labu kuning yang bisa kalian nikmati tanpa takut mengganggu program diet yang sedang kalian lakukan. Labu kuning juga biasanya dijadikan pengganti nasi pada paket menu vegan. Menu vegan labu kuning cocok dijadikan menu sarapan untuk acara kantor bagi karyawan yang vegetarian atau menjalankan program diet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.