Resep Kue Lapis Surabaya yang Sederhana dan Enak

roti lapis sederhana
Sumber :
  • vstory

VIVA – Untuk membuat kue lapis Surabaya yang enak dan mudah serta istimewa ini akan membutuhkan waktu memasak sekitar total 1 jam 50 menit, atau hampir dua jam.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Guna persiapan memasaknya akan memerlukan waktu sekitar 20 menit, untuk mempersiapkan bahan-bahannya dan hingga ke pengukuran bahan-bahan tersebut masing-masing sesuai takarannya.

Kemudian waktu yang diperlukan untuk memasaknya adalah sekitar 1 jam 30 menit, jadi total waktu yang diperlukan adalah 1 jam 50 menit.

Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah resep kue lapis Surabaya untuk porsi sejumlah 20 potong.

Bahan-bahan untuk membuat Kue Lapis Surabaya

Membanggakan! 5 Makanan dan Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO, Terbaru Ada Jamu

Bahan-bahan untuk membuat Kue Lapis Surabaya yang enak, dan spesial juga istimewa itu pada dasarnya terdiri dari bahan untuk membuat lapisan originalnya yang biasanya akan diberi warna kuning dan bahan untuk membuat lapisan coklatnya atau bisa juga lapisan hijau pandan, sesuai selera.

Bahan Lapisan Kuning Kue Lapis Surabaya

13 kuning telur

1 sdm (Sendok Makan) susu kental manis putih

75 gram margarin

30 gram tepung terigu

100 gram gula pasir

20 gram tepung maizena

15 gram susu bubuk

50 gram mentega

Bahan Lapisan Coklat Kue Lapis Surabaya

14 kuning telur

1 sdm susu kental manis putih

125 gram gula pasir

10 gram susu bubuk

30 gram tepung terigu

35 gram coklat bubuk

75 gram margarin

1/4 sendok teh baking powder

50 gram mentega

Cara Membuat Lapisan Kuning Kue Lapis Surabaya

Langkah pertama kalinya yang harus dilakukan adalah dengan mengocok margarin bersama dengan mentega hingga sampai tercampur rata dan berwarna putih. Lalu tambahkan dengan susu kental manis yang sudah siapkan. Kemudian kocok lagi hingga semua merata.

Jika sudah, maka bisa langsung dilanjutkan dengan menyisihkan adonannya, lalu mengambil wadah yang berbeda, kemudian masukan kuning telur dan gula ke dalam wadah tersebut, lalu kocok kedua bahan tersebut hingga mengembang, dan lalu tambahkan susu bubuk, serta tepung maizena dan juga tepung terigu sambil juga diayak dan diaduk-aduk hingga tercampur rata.

Setelah itu, kemudian tuangkan kocokan telur ke dalam adonan kocokan mentega secara sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga tercampur merata. Kemudian siapkan loyang dengan ukuran sekitar 22 x 22 x 4 cm yang sebelumnya telah diolesi dengan menggunakan margarin, serta juga sudah dialasi dengan kertas roti. Lalu tuangkan adonan ke dalam loyang tersebut dan ratakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.