Resep Kuliner Empal Gentong Khas Cirebon dari Haji Apud

Empal Gentong Khas Cirebon
Sumber :
  • vstory
<
UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan
p>
Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia
VIVA
– Mau masak enak buat keluarga? Masak saja Empal Gentong,Resep Empal Gentong Khas Cirebon dari Haji Apud. Kuahnya gurih dengan campuran daging empuk bisa jadi sajian spesial untuk keluarga.
Membanggakan! 5 Makanan dan Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO, Terbaru Ada Jamu

Pak Apud, selaku pemilik empal gentong dari Cirebon, memberikan resep yang mudah diikut dan dijamin sedap. Apa saja?

1. Bahan

Bahan Isian: 200 gr daging sapi, 200 gr jeroan sapi dan 2 liter santan kelapa.
Bumbu halusnya, 6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 cm kunyit dan 2 butir kemiri dan garam secukupnya. Bumbu yang dimemarkan: 2 cm lengkuas, 2 cm jahe, 2 cm kayu manis, 3 lembar daun salam dan 1 batang serai.

Bahan dan bumbu pelengkap: garam, gula merah, air untuk merebus, minyak untuk menumis, daun kucai, daun bawang, bawang goreng, sambal bubuk dan kecap manis.

2. Rebus daging.                               

Potong daging sapi dengan ukuran sesuai selera, cuci bersih dan tiriskan. Rebus daging sapi dan jerohan secara terpisah hingga matang dan empuk.

3. Tumis bumbu
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak hingga tercium aroma harum. Masukkan lengkuas, jahe, kayu manis, batang serai dan daun salam. Setelah itu, masukkan daging sapi dan jerohan yang sudah direbus ke dalam bumbu.

4. Tambahkan bumbu pelengkap
Tuangi santan, tambahkan gula merah dan garam. Masak dengan api kecil hingga empuk dan matang sempurna, kurang lebih satu jam.

5. Sajikan
Jika empal gentong sudah matang, sajikan dengan taburan daun kucai, irisan daun bawang dan bawang goreng. Jangan lupa agar lebih mantap, nikmati dengan sambal bubuk dan kecap manis. Hmm, sedap!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.