Pepino, Buah Berkhasiat dari Pegunungan Andes

buah pepino sumber gambar pixabay
Sumber :
  • vstory
<
UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan
p>
Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia
VIVA
– Bentuk buah yang satu ini dan namanya aneh, karena belum banyak ditemukan di Indonesia. Buah kamuflase bercorak keunguan ini juga menyimpan segudang khasiat di antaranya bagus untuk orang dewasa maupun anak-anak. Ingin tahu?
Membanggakan! 5 Makanan dan Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO, Terbaru Ada Jamu

Pepino, buah ini dikenal dari daerah Andes, Peru memiliki banyak nama berbeda di tiap negara. Di Belanda buah seperti ini dikenal dengan Peer Meloen, di Inggris disebut Peermelon, Gua Xian Pepiino Quie di China dan di Jepang. Sedangkan di Indonesia dikenal sebagai buah pepino dewa husada dengan nama latin solanum muricatum yang berasal dari suku terong-terungan.

Berasal dari satu suku yaitu terong-terungan pepino bentuknya agak mirip dengan terong. Apalagi warna ungu dengan corak belang dan terkadang ada pula yang diwarnai hijau. Aslinya pegunungan Andes yang sejuk membuat buah ini hanya bisa hidup di dataran tinggi yang sejuk. Di Indonesia sendiri sejak tahun lalu pepino sudah banyak dibudidayakan di dataran tinggi Karo, Sumatera Selatan.

Meski kulitnya berwarna ungu, namun saat dibelah pepino memiliki daging buah berwarna putih kekuningan. Bagian tengahnya ada biji-bijian. Pepino cocok untuk dikonsumsi sebagai buah segar dan diolah sebagai jus, manisan, coktail, dan lain sebagainya. Pepino ungu mengandung betakaroten yang baik untuk kerdasan otak anak dan juga mencegah demensia bagi orang dewasa.

Manfaat kesehatan lainnya dari buah ini adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menyembuhkan penyakit lever, penyakit jantung, stroke hingga mempercepat penyembuhan dan memperlancar pengeluaran batu ginjal. Cukup banyak bukan? Apalagi harganya yang tidak terlalu mahal membuat buah ini semakin populer dan banyak dicari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.