Takjil Buka Puasa Khas Makassar Berbahan Pisang

Pisang Ijo berbahan pisang (foto Nur Terbit)
Sumber :
  • vstory

VIVA - Apa kabar pembaca Viva.co.id semua? Semoga sehat selalu, terutama bagi Anda kaum Muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Selamat berpuasa.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Nah, terkait dengan bulan suci Ramadhan, saya ingin berbagi resep. Untuk emak-emak dan remaja putri, saya sudah buat video tutorial jika kebingungan mau membuat takjil untuk berbuka puasa.

Namanya Pisang Ijo Rasa Duren (Durian) khas Makassar, Sulawesi Selatan racikan istri Bunda Sitti Rabiah : https://youtu.be/ozNXzZ2_1Y
Selamat mencoba. Tutorial lainnya ada di channel @ Nur Terbit.

169 Remaja Diamankan Karena Konvoi Berkedok Bagi-bagi Takjil di Jakpus

Takjil Berbahan Pisang

Ada banyak takjil yang bisa dibuat dengan bahan baku dari buah pisang. Di Kota Makassar, kue berbahan pisang sudah lama mewarnai pembuatan takjil di sana.

Polisi Tangkap Belasan Remaja Konvoi Berdalih Buka On The Road Sambil Nyalakan Petasan

Dari mulai kue Pisang Ijo, Pallubutung, Pisang Epe', Pisang Peppe, kue Barongko dan banyak lagi. Berikut ini saya mencoba berbagi pengalaman sesuai yang saya ketahui.

Malam hari, saya bersama istri berburu bahan kue Pisang Ijo dan Pallu Butung di Pasar Baru Kota Bekasi, Jawa Barat untuk persiapan takjil alias kue berbuka puasa Ramadhan.

Sebelum menjelma jadi Pisang Ijo, aslinya sih masih Pisang Kuning. Nanti setelah diolah, kemudian dicampur es batu, sirop merah, maka jadi deh Pisang Ijo dan Pallubutung khas Makassar. Penuh warna-warni bagai pelangi.

Berbagai kue berbahan pisang bisa ditemukan di Kota Makassar. Misalnya Pisang Epe' juga dari bahan pisang, tapi pisang kepok yang bahan dasarnya sama dengan bahan Pallu Butung. Sedang Pisang Ijo dari pisang Raja.

Bedanya dalam pengolahan pisang epe, bahan pisangnya dibakar lalu diepe' (dijepitĀ  hingga gepeng). Kemudian dilumuri air gula merah campur duren. Pisang Epe' ini hanya ada di Pantai Losari Makassar hehe...

Aada lagi yang lain kue takjil berbahan pisang. Namanya Pisang Peppe. Apakah Anda sudah pernah menikmati Pisang Peppe bersama sambel terasi?Bila sudah pernah mencoba pasti tidak ingin berhenti kecuali pisang Peppe itu habis dan ludes.

Pisang Peppe ini dari bahan pisang mangkala (mengkal, menjelang matang). Cara membuatnya juga beda. Pisang manis (unti tekne) dikupas, dipeppe (digeprek) lalu digoreng. Enak tenan. Apalagi ditambah sambel terasi dan air jeruk limau....wow mertua lewat pun diacuhkan hahahaha....

Bahkan ada lagunya. Ungkapan jadoel ini sudah lama tidak terdengar atau tertulis, baru sekarang diulas lagi di bulan puasa ini.

"Pisang goreng, unti tong. Pisang kipas, unti tong. Barongko unti tong. PisangĀ  Peppe unti tong. Pisang ijo unti tong. Pallubutung unti tong" ????????

Kata "unti tong" dalam bahasa Makassar, artinya "pisang juga". Kesemuanya terbuat dari pisang. Nah begitulah kue takjil berbahan pisang khas Makassar.

Selamat mencoba, sambil menunggu berbuka puasa sekalian menanti sahur dengan kue pisang tersebut. Salam (Nur Terbit).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.