Sate Lalat, Sate Unik Khas Madura

Ilustrasi sate
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA – Kalau kita berkunjung ke suatu tempat, tak lengkap rasanya kalau tidak mencoba kuliner khasnya. Setiap daerah mempunyai kuliner khas daerahnya masing-masing.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Sama halnya ketika kita berkunjung ke Madura akan yang terlintas di pikiran adalah Sate Madura. Namun yang belum banyak orang tahu tentang Sate Madura adalah Sate Lalat yang sate tersebut lebih tepatnya berasal dari Kabupaten Pamekasan.

 Banyak orang mengira bahwa Sate Lalat adalah sate yang terbuat dari lalat atau laler. Itu merupakan sebuah persepsi yang salah. Sate lalat adalah sate yang terbuat dari daging kambing, ayam, kelinci, dan sapi yang dalam hal pemotongannya itu dipotong kecil-kecil sehingga mirip dengan lalat.

Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia

Hal unik yang dinamakan ke sate tersebut membuat para wisatawan dari luar penasaran dan tertarik untuk mecobanya. Ketika berkunjung ke Madura lebih tepatnya ke Kabupaten Pamekasan tentunya tak sulit untuk mencari keberadaan penjual Sate Lalat tersebut.

Keberadaannya banyak dijumpai di pinggir jalan raya dan juga penjual Sate Lalat tersebut berkumpul dalam satu tempat sentra kuliner di Pamekasan yaitu lebih tepatnya di jalan Niaga di Pusat Sentra Kuliner Pamekasan Sae Salera.

Membanggakan! 5 Makanan dan Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO, Terbaru Ada Jamu

Sate lalat pada umumnya tidak memiliki perbedaan dengan sate-sate lainnya yaitu sama menggunakan bumbu kacang dan kecap cuma yang membedakan dalam hal ukurannya saja yang kecil-kecil sehingga orang dalam memakannya sekali santap.

Untuk membuat sate tersebut tidaklah sulit dan bisa dibuat sendiri di rumah. Kali ini akan membuat sate lalat dengan menggunakan daging kambing. Yang perlu kita siapkan adalah yang pertama alat pemanggang, piring, pisau, sendok, dan tusuk sate. 

Untuk bahan-bahannya adalah tentunya daging kambing, kacang, kecap, bawang putih, dan cabai.

Pertama potong daging kambing kecil-kecil lalu tusukan kedalam tusukan sate sekitar 4 potongan daging kecil-kecil, lakukan hingga semua daging habis, selanjutnya siapkan bumbu kacang, yaitu blender kacang yang sudah dikupas lalu kita halus campurkan dengan kecap secukupnya dan tambahkan irisan bawang merah.

Setalah bumbu kacang selesai lalu panggang sate hingga agak sedikit kecoklatan lalu campurkan dengam bumbu kacang yang sudah dipersiapkan tadi, Sate Lalat khas Pamekasan, Madura sudah siap untuk dinikmati.

Sate  Lalat lebih nikmat jika dimakan pada malm hari dan disantap menggunakan lontong ditemani dengan teh hangat. Hal tersebut akan menambah kenikmatan tersendiri bagi anda yang menikmati Sate Lalat tersebut.

Banyak para wisatawan yang ketagihan akan bentuk, rasa, dan keunikan Sate Lalat tersebut sehingga sulit untuk melupakannya dan jika berkunjung lagi ke Madura lebih tepatnya di kabupaten Pamekasan pasti tidak akan lupa untuk mampir mencicipi lezatnya Sate Lalat khas Madura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.