Warga Desa di Jember Gelar Festival Tumpeng Tempe dan Tahu

Warga saat mengarak tumpeng yang terbuat dari tahu dan tempe di Desa Wonosari Puger Jember
Sumber :
  • vstory

Ada hal unik yang dilakukan oleh warga di Desa Wonosari Kecamatan Puger Jember pada Sabtu (6/7/2019), untuk pertama kalinya warga sekitar menggelar Festival Tahu Tempe di desa yang ada dekat pesisir laut kidul.

Cegah Diabetes hingga Kanker, 6 Manfaat Tahu yang Belum Anda Tahu

Sedikitnya ribuan kreasi Tumpeng yang dibuat dari bahan tahu dan tempe ini diarak oleh warga, dengan mengambil star perjalanan dari Balai Desa Wonosari keliling desa dan berakhir di balai desa lagi.

Festival Tahu Tempe yang digelar pertama kalinya ini, sontak membuat ribuan warga dari berbagai daerah di Jember tumplek blek untuk melihat festival tersebut.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Menurut Sulaiman (55) warga asal Dusun Penitik Desa Wonosari yang menggagas acara Festival ini menyatakan, bahwa festival digelar karena mayoritas masyarakat di Desa Wonosari menjalankan usaha sebagai pembuat tempe dan tahu.

“Festival ini untuk mendongkrak ekonomi masyarakat desa Wonosari, dengan menjadikan festival Tempe dan Tahu sebagai destinasi wisata baru di Jember, sehingga ketika ada orang ke Jember dan menyukai makanan tempe atau tahu, akan langsung teringat dengan desa kami,” ujar Sulaiman.

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Sulaiman menambahkan, bahwa dirinya percaya jika desanya dikenal sebagai industri tempe sejak dirinya masih kecil, dimana industri tempe dan tahu di desanya sudah ada sejak tahun 1960.

“Sejak saya kecil, disini rata-rata usaha produksi tempe dan tahu, bahkan ada yang namanya Hasbi yang saya perkirakan usianya sudah diatas 90 tahun sampai sekarang masih aktif membuat tempe, jadi bisa dikatakan sesepuh pembuat tempe disini, kalau pembuat tahunya dulu juga ada namanya Mbah Tui, tapi sekarang sudah meninggal dan dilanjutkan oleh anak cucunya,” pungkas Sulaiman.

Acara ini sendiri dihadiri oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR, dalam kesempatan tersebut, Bupati perempuan pertama di Jember ini juga didaulat untuk membuka festival dan diarak keliling desa oleh warga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.