5 Strategi Kepemimpinan agar Perusahaan Berkembang

5 Strategi Kepemimpinan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Untuk menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah. Ada saja hal yang harus diselaraskan agar peran yang diembannya berjalan dengan baik.  Kepemimpinan meliputi kemampuan mengantisipasi, memiliki visi, mempertahankan fleksibilitas dan memberi kuasa kepada orang-orang lain untuk menciptakan perubahan strategis yang diperlukan.

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Strategi ini mempunyai efek penting terhadap upaya perusahaan mendapatkan daya saing strategis dan memperoleh keuntungan di atas rata-rata. Kepemimpinan strategis efektif diperlukan untuk merumuskan dan menerapkan strategi dengan sukses. Dan berikut ini terdapat beberapa strategi kepemimpinan yang perlu dilakukan.

1. Memiliki visi yang jelas
Seorang pemimpin yang memiliki visi yang jelas akan mampu mengkomunikasikan rencana organisasi kepada karyawan dengan cara yang lebih baik.

Di Universitas Harvard, Dirut BPJS Kesehatan Ungkap Jurus Capai UHC dalam 10 Tahun

2.Komunikasi yang efektif
Untuk menerjemahkan visi menjadi kenyataan , sangat penting bagi seorang pemimpin untuk membuat pengikutnya percaya kepada gagasannya, hal ini berarti komunikasi yang efektif dapat membantu untuk mencapainya.

3. Mampu untuk menilai
Seorang pemimpin memiliki kewenangan untuk membuat keputusan akhir , tapi itu tidak berarti bahwa orang lain tidak bisa menyuarakan pendapat mereka. Menghargai karyawan adalah salah satu dari dasar-dasar strategi kepemimpinan, karena orang-orang yang bekerja dalam suatu organisasi adalah aset yang paling penting.

Presiden Korsel Beri Selamat ke Prabowo Subianto Menang Pilpres 2024: Semoga RI Lebih Makmur

4. Perhitungkan risiko
Seorang pemimpin harus memiliki keyakinan untuk memperhitungkan rIsiko. Memperhitungkan risiko berarti mengambil hal buruk apapun dengan berpikir lebih dari sekali, dan dalam memperhitungkan risiko sering kali mempersiapkan rencana cadangan.

5. Ciptakan pemimpin masa depan
Pemimpin tidak menciptakan pengikut, tetapi mereka harus bisa menciptakan lebih banyak pemimpin masa depan karena sebagai pemimpin, pekerjaan akan jauh lebih mudah jika Anda memiliki sekelompok orang yang percaya diri dan mampu mengambil keputusan penting.

Ini adalah tanggung jawab pemimpin untuk tidak memandang sebelah mata pada orang yang memiliki potensi, sehingga mereka dapat berpartisipasi penuh dalam perusahaan terutama pada situasi kritis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.