Pelatihan Ekonomi Kreatif bagi Penyandang Disabillitas di Kota Malang

Grand opening di Rumah Ekonomi BUMN Kota Malang
Sumber :
  • vstory

VIVA - Tim SMART Difabel melatih penyandang disabilitas demi menumbuhkan jiwa kreativitas dan kewirausahaan di Kota Malang pada tahun 2019 ini.

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!

"Sebagai tahap awal, kami fokus  untuk 15 orang penyandang disabillitas, jika berhasil, akan ditambah lagi. Kami semua berharap, program ini akan terus berlanjut sehingga teman-teman disabilitas memiliki wadah untuk mengembangkan potensi kewirausahaannya,” ujar Naila, salah satu tiim SMART Difabel.

Tim ini terdiri dari lima orang mahasiswa yang peduli tentang penyandang disabillitas dan senang di pengabdian masyarkat. Tujuan di sini adanya program ini, semoga teman-teman penyandang disabilitas tidak lagi hanya bergantung pada ketersediaan lapangan pekerjaan yang sesuai. Tapi mereka bisa mewujudkan kemandirian dengan kewiraushaan dan membuat lapangan pekerjaan sendiri," ujar Nadia, salah satu tim SMART Difabel.

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya

Program ini lebih memfokuskan ke ekonomi kreatif, karena penyandang disabilitas memiliki potensi kreativitas yang sangat tinggi. Diharapkan penyandang disabilitas bisa melahirkan pencetus ekonomi kreatif

Program pelatihan ini sangat membantu dan berbeda daripada yang lain untuk mengantarkan penyandang disabilitas untuk menjadi wirausaha. 

Begini Cara Pilih Cushion Terbaik Biar Makeup Flawless

Program ini ada dua kategori kelas untuk penyandang disaibilitas yang belum punya kewirausahaan dan yang sudah punya kewirausahaan. Model pelatihan yang sangat berbeda yaitu setiap peserta, ada mentor yang mendampingi mereka untuk mempermudah melihat perkembangan untuk menumbuhkan jiwa kreativitas dan jiwa kewirausahaan. Satu mentor mendampingi 1-3 orang.

Tim SMART Difabel telah melakukan grand opening di Rumah Kreatif BUMN tentang pengenalan SMART Difabel, pengenalan ekonomi kreatif dan motivasi kewirausahaan dan telah mengadakan beberapa program kelas , Penyandang disabilitas sangat berantusias sekali untuk mengikuti pelatihan

Ke depan, SMART Difabel akan terus bekerja sama dengan pihak-pihak tertentu agar program ini terus berkembang, tidak hanya di Kota Malang, kalau bisa seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.