Begini Cara Menjadi Pemimpin Berprestasi, Wajib Dicontoh

Doso Agung - Direktur Utama Pelindo III.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Semenjak dilahirkan ke dunia, seorang pria langsung diberikan tanggung jawab untuk menjadi pemimpin dan khalifah di muka bumi. Mulai dari memimpin dirinya sendiri, keluarga dan juga perusahaan. Untuk itu, penting bagi pria mengetahui sifat dasar seorang pemimpin agar memiliki jiwa kepemimpinan.

Muhadjir Sebut Mustahil Jokowi Bagi Bansos Pengaruhi Pemilu, Langsung Ditegur Hakim MK!

Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh kepada pengikutnya, dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Sedangkan, pengertian pemimpin adalah seseorang yang diberi kepercayaan sebagai ketua (kepala) dalam sistem di sebuah organisasi/ perusahaan.

Para pemimpin dapat mengatur diri sendiri (self-managing), guna memprioritaskan tujuan dan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan tersebut. Sebagai pemimpin yang efektif, perlu memiliki kemampuan untuk mengatur waktu dan emosi serta mahir menyeimbangkan antara kehidupan pridbadi dan kehidupan profesionalitas.

Ramalan Jayabaya: Satrio Wirang Simbol Ambisi Politik yang Membahayakan

Bentuk nyata buah kepemimpinan Direktur PT Pelindo III Doso Agung, pria kelahiran Yogyakarta ini berhasil meraih banyak prestasi sepanjang masa kariernya. Doso, sebenarnya bukan orang yang memiliki ilmu kepemimpinan secara langsung, namun Doso memiliki banyak sifat kepemimpinan sejak mulai berkarier. Dengan menekankan kepada dirinya sendiri untuk fokus bekerja dan berprestasi.

Salah satu prestasi Pelindo III yang berhasil diraih dibawah kepemimpinan Doso Agung ialah memborong 12 penghargaan sekaligus dalam sektor pelayanan prima transportasi. Hal tersebut menunjukkan, bahwa Doso Agung memiliki sifat kepemimpinan sosialibilitas yakni menunjukkan kecenderungan pemimpin untuk menjalin hubungan yang menyenangkan, bersahabat, ramah, sopan, bijaksana dan diplomatis. 

SBY: Jangan Melukai Hati Rakyat yang Memilih Pak Prabowo jadi Pemimpin Mereka

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang belajar dari kesalahan, dan tidak pernah berhenti untuk mempelajari hal yang baru berada di sekitarnya. Potensi tersebut ada di dalam masing-masing individu, tergantung bagaimana individu tersebut dapat menggali potensinya sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari attitude, hingga menjadi inspirasi bagi orang lain. Bagaimanakah tipe kepemimpinan Anda?

Jayabaya

Jayabaya Ramal Soal Sosok Pemimpin Bangsa yang Bijaksana, Begini Katanya

Jayabaya, seorang monarki yang bijaksana dari Kerajaan Kediri, dikenal karena keahliannya dalam meramal masa depan, salah satunya mengenai pemimpin bangsa yang bijaksana.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.