9 Tips Bikin Foto Terlihat Menarik dengan Kamera Ponsel

Salah satu contoh gambar menggunakan kamera HP Xiaomi Redmi 4
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ini adalah artikel pertama saya membahas tentang tips memotret dengan menggunakan kamera ponsel. Kali ini saya menggunakan kamera ponsel Xiaomi. Sebelum membahas tips fotografi, saya ingin memberitahu bahwa semua foto yang ada di bawah ini semuanya benar-benar menggunakan kamera ponsel Xiaomi Redmi 4.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Jadi, kalau kamu semua ingin memiliki kamera ponsel yang lebih baru, kemungkinan besar bisa membuat foto jadi lebih memuaskan. Jadi, kalau kamu memiliki ponsel yang lebih baru atau bahkan serinya lebih tinggi, maka bisa dipastikan bisa menghasilkan foto yang jauh lebih keren.

Memotret dengan ponsel itu mudah, asal tahu konsep fotografinya

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Kamera ponsel sama seperti DSLR atau mirrorless, mereka sama-sama memiliki kemampuan untuk membuat foto yang keren. Yang membedakannya hanya kemampuan dalam menangkap detail dari foto tersebut.

Hasilkan foto keren dari ponsel diperlukan pencahayaan yang baik

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Diskon Hingga Rp 800 Ribu, Bisa Buat Hadiah Lebaran

Dalam foto ini cahaya langit sore terlihat indah, namun ketika tidak menggunakan fitur HDR tidak pasti bagian tanah yang berada di latar depan akan menjadi lebih gelap. Komposisi gambar seperti Ini juga bisa menghasilkan mood foto yang kuat.

Dalam teknik fotografi, kemampuan untuk memilih detail yang menghasilkan kekuatan foto adalah pencahayaan yang tepat. Dan berikut ini ada beberapa jenis pencahayaan, berdasarkan arahnya.

  • Front linghting, cahaya ini datangnya dari arah depan, seperti ketika kamu menggunakan pop-up flash (flash bawaan di kamera) termasuk di hp, DSLR, atau Mirrorless.
  • Side lighting, ini adalah pencahayaan yang berasal dari samping subjek.
  • Back lighting, jenis pencahayaan ini menghasilkan siluet pada objek.

Pastikan objek foto ponselmu selalu tajam

Selalu pastikan objek fotomu selalu tajam, caranya mudah tinggal klik subjek foto di kamera ponselmu. Masalahnya kalau memulihkan detail foto yang tidak fokus akan lebih sulit. Jadi, karena itu memotret harus benar dari saat pemotretan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.