Mengungkap Kejahatan Penyeludupan Satwa Langka

Kombes Pol Sunarto Memberikan Keterangan kepada media
Sumber :
  • vstory

VIVA - Baru-baru ini masyarakat Kota Pekanbaru dihebohkan dengan pengungkapan kasus kejahatan tentang penyeludupan satwa langka. Mulai dari burung nuri, kancil, kukang hingga buaya. Hewan yang dilindungi pemerintah itu telah diperdagangkan oleh beberapa orang yang bekepentingan.

Tim Gabungan Gagalkan Penyelundupan 19 Kg Sabu dari Malaysia, Tangkap 5 Orang Tersangka

Tujuannya adalah untuk meraup keuntungan. Lantas seperti apa modus pelakunya? Para pelaku mencari calon pembeli dengan cara pemanfaatan media sosial. Melalui Akun Facebook, pelaku memasarkan sekaligus mempromosikan satwa langka untuk menarik calon pembeli.

Seiring berjalannya waktu, kepolisian akhirnya dapat mengendus aktivitas para komplotan ini. Penyelidikan kemudian dilakukan hingga menyita waktu beberapa hari. Sampai pada puncaknya, penangkapan dilakukan di sebuah pelataran parkir salah satu hotel di Pekanbaru, Riau, Selasa 30 Juli 2019 dinihari WIB.

Warga Pontianak Nekat Selundupkan Sabu Didalam Boneka ‘Hello Kitty’

Sebuah mobil minibus yang bermuatan satwa langka itu digeledah polisi. Dua orang di antaranya J dan I langsung diamankan aparat. Keduanya adalah warga Riau. Mereka tak berkutik dan mengakui perbuatan kejahatan tersebut. Hasil penyelidikan sementara kepolisian, satwa ini akan dijual ke beberapa daerah di luar kota Pekanbaru, termasuk Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Polisi telah mempersiapkan Pasal 21 ayat 2 huruf a dan jo Pasal 40 ayat 2 Undang-Undang No 5 Tahun 1990 dengan ancaman penjara maksimal 5 tahun dan denda Rp100 juta. Sementara ini hasil tangkapan telah di titipkan kepada pihak BBKSDA Riau.

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia
VIVA Militer: TNI AL berhasil ungkap penyelundupan 19 Kg sabu-sabu dari Malaysia

TNI AL Bekuk Penyelundup Kristal Haram dari Malaysia Senilai 19 Miliar di Pulau Siondo

Prajurit TNI AL yang berhasil memburu dan menangkap pelaku berasal dari satuan Tim F1QR Lantamal IV Batam, Koarmada I

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.