Kelompok KKN 106 Universitas Jember Gelar Sosialisasi Kewirausahaan

Panitia dan Peserta Sosialisasi melakukan sesi foto bersama (2/8).
Sumber :
  • vstory

VIVA - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 106 menyelenggarakan sosialisasi terkait kewirausahaan di Balai Desa Jebung Lor pada Jumat, 2 Agustus 2019 yang lalu. Tema yang dipilih untuk acara tersebut adalah Strategi Pemasaran Produk Mandiri, mengingat masih minimnya wawasan warga mengenai hal ini.

Bisnis Mamah Dedeh, Bisa Raup Miliaran Rupiah Tiap Bulan

Muhammad Hasan Basri, ketua Pelaksana yang juga merupakan Koordinator Desa Jebung Lor menyampaikan harapannya, "Acara ini ditujukan bagi para wirausahawan di desa ini agar dapat lebih memahami inovasi strategi pemasaran di era modern ini."

Pada sosialisasi ini, panitia mengundang dua pemateri dari Kelompok Studi Kewirausahaan Muda (KSKM) Universitas Jember. Output yang dicapai dari kegiatan ini adalah inisiasi pembentukan kelompok usaha yang menaungi wirausahan di Desa Jebung Lor. "Nantinya, kelompok usaha yang dibentuk ini akan memfasilitasi dan membantu pemasaran produk via online melalui sosial media dan marketplace," ujar Edo Aji, salah satu pemateri.

Bisnis yang Bisa Dilakukan oleh Ibu Rumah Tangga

"Pengurusnya yang terdiri dari perangkat desa, karang taruna, dan perwakilan pengusaha akan menjadi penghubung antara produsen dan konsumen," imbuhnya.

Kendala yang juga dihadapi adalah pelaku usaha di desa Jebung Lor adalah mereka masih awam dengan penggunaan media sosial ataupun internet. Untuk itu Lusiantika selaku pemateri kedua menegaskan, "bapak dan ibu tidak perlu khawatir, asal mengikuti alur dan aturan yang ada." Katanya.

Mahasiswa KKN 109 Universitas Jember Gelar Diskusi Kewirausahaan

"Pastikan konsumen mengirim uang terlebih dahulu, kemudian barulah pesanan diproses dan dikirimkan, jadi tidak perlu takut tertipu." tambahnya.

Acara ini juga didukung penuh oleh Kepala Desa Jebung Lor, Bapak Andri. "Antusiasme warga cukup besar terhadap ide adik-adik KKN ini, untuk itu saya harap adik-adik dapat mendampingi dan membimbing warga dengan pengetahuan yang dimiliki," tutupnya.

Papan Petunjuk Pindai Kode QR di Mal (Dokumentasi Pribadi)

Pengelola Tempat Usaha Kesulitan Dapatkan Kode QR PeduliLindungi

Pemerintah akan berikan sanksi kepada tempat usaha yang tidak terapkan PeduliLindungi. Realitanya, banyak pemilik usaha kesulitan mendapatkan kode QR nya.

img_title
VIVA.co.id
3 Januari 2022
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.