Bisnis yang Bisa Dilakukan oleh Ibu Rumah Tangga

Ide Bisnis bermodal kecil untuk Ibu Rumah Tangga
Sumber :
  • vstory

VIVA – Menjadi ibu rumah tangga mungkin terlalu sulit untuk ikut bekerja membantu ekonomi keluarga. Karena banyak faktor yang menghambat dan membuat ibu rumah tangga untuk bekerja seperti di perusahaan, seperti waktu yang terbatas, usia anak masih sangat kecil, dan juga bisa saja dilarang oleh suami.

Pengelola Tempat Usaha Kesulitan Dapatkan Kode QR PeduliLindungi

Di zaman sekarang ini bagi seorang ibu rumah tangga tidaklah kesusahan lagi dalam mencari kerja. Banyak sekali kerja lepas yang bisa dilakukan secara online oleh ibu rumah tangga.

Dengan bekerja lepas atau freelance, para ibu rumah tangga bisa menghasilkan uang dan membantu ekonomi keluarga. 

Bisnis Mamah Dedeh, Bisa Raup Miliaran Rupiah Tiap Bulan

Apa saja pekerjaan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga? Mari simak artikel berikut. 

1. Online shop

Kelompok KKN 106 Universitas Jember Gelar Sosialisasi Kewirausahaan

Online shop merupakan ladang bisnis yang menggiurkan bagi setiap orang. Banyak sekali orang mulai terjun ke bisnis ini, selain hemat biaya, modal yang kecil, serta waktu yang fleksibel dalam mengerjakan nya. Sebagai ibu rumah tangga, ibu bisa mencoba untuk berjualan online.

Ibu bisa memulai dengan keahlian bisnis apa yang ibu miliki, misalnya ibu pintar membuat kue, ibu dapat menjadikan kue sebagai bisnis online ibu. Cara berbisnis kue secara online cukup lah mudah dan tidak terlalu menyusahkan, ibu dapat membuat kue yang bisa ibu buat lalu mempromosikan nya melalui sosial media seperti facebook, instagram, dan lain-lain nya.

Dengan melakukan promosi secara online melalui media sosial, ibu tidak perlu lagi untuk menyewa tempat ataupun harus stanby di toko. Ibu dapat melakukannya melalui smartphone dan kapan pun dan di mana pun ibu ingin melakukan prmosi.

Buatlah postingan promosi yang semenarik mungkin yang bisa ibu lakukan, seperti buat caption atau status yang unik, dan membuat orang tertarik untuk melihat dagangan ibu, menggunakan foto produk yang bagus dan baik, foto yang bagus memiliki tingkat kejernihan dan berkualitas hd.

Ibu dapat menggunakan smartphone ibu yang memilki kualitas kamera yang baik dalam memfoto produk ibu. Berilah background pada foto yang baik, mau itu background polos atau beragam warna, background yang baik akan membuat foto pada produk ibu enak dilihat dan dipandang.

Setelah dua hal itu ibu lakukan, ibu dapat mempromosikan produk ibu. Bagi ibu yang hanya ingin mempromosikan produk untuk daerah sekitarnya saja.

Ibu dapat menggunakan sosial media facebook untuk membuat promosi, ibu dapat mempromosikan produk di timeline (berada) dan juga grup facebook, bergabung lah dengan grup jual-beli yang ada di sekitar daerah ibu, dan ibu bisa mempromosikan sebagai status ataupun secara live stream facebook. 

2. Reseller 

Reseller dapat diartikan sebagai tangan kedua dari yang mempunyai produk. Reseller juga merupakan bisnis online yang menguntungkan. Menjadi reseller tidak lah perlu modal yang besar untuk melakukan nya, karena kita hanya menjual kan barang dari si produsen / toko dan mengambil untung dari barang harga barang yang kita jual ke orang lain.

Pekerjaan ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga, yang hanya memiliki modal kecil dan waktu yang sedikit. Cara menjadi reseller cukuplah mudah, ibu dapat menghubungi terlebih dahulu toko yang bisa diajak kerja sama untuk reseller.

Setelah ibu menawarkan kerjasama dengan pemilik produk, ibu langsung dapat untuk menawarkan barang melalui sosial media seperti facebook ataupun instagram.

Jika ada yang memesan produk ibu, ibu dapat memesan produk ke si produsennya, jangan lupa ibu untuk meminta bayaran terlebih dahulu, untuk menghidari kejadi PHP (Pemberi Harapan Palsu) yang sering terjadi pada bisnis online.

Jika dalam satu produk ibu mengambil keuntungan bersih sebesar 10 ribu rupiah, dan ibu dapat berhasil menjual produk dalam sehari 10 produk. Berarti ibu telah mendapatkan uang sebesar 100 rb per hari nya, jika dikalikan dalam 1 bulan, berarti ibu sudah mengantongi 3 juta rupiah per bulannya, menggiurkan bukan? 

3. Toko Online

Selanjutnya ialah toko online, bisnis yang satu ini memang lagi sangat populer di zaman sekarang. nah bagi ibu-ibu yang ingin menghasilkan tambahan jangan sampai ketinggalan untuk melakukan bisnis ini.

Tetapi ada satu catatan penting untuk membuka toko online. ibu harus memiliki produk hasil produksi sendiri, produk yang bisa dijual di toko online, ialah produk yang tidak memiliki masa kadaluarsa yang cepat.

Seperti baju, celana, sepatu, cenderamata, kosmetik, pemutih wajah, sabun muka, parfum, dan sejenisnya. Kenapa harus barang yang memilki masa kadaluarsa yang lama? Karena jika ibu membuka toko online, pembeli produk ibu bukan hanya berasal dari daerah sekitar ibu, tetapi dari seluruh Indonesia.

Maka dari itu, jika suatu saat ada yang memesan barang ibu orangnya berasal dari luar pulau, dan produk ibu memilki masa kadaluarsa yang sebentar. Maka itu akan membuat kecewa pembeli dan juga merugikan ibu sediri, karena barang yang diterima oleh pembeli cacat atau rusak, maka si pembeli bisa melaporkan ke pihak toko online, untuk pengembalian dana yang di pake nya untuk membeli produk ibu.

Jika ibu memiliki yang sesuai untuk di jual di toko online. Ibu dapat mendaftarkan atau membuat toko online menggunakan seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan Lazada. Biaya membuat toko online ialah gratis, asal produk dan toko ibu sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang ada pada setiap layanan toko online. 

4. Translator atau Penerjemah 

Nah, bagi ibu rumah tangga yang jago bahasa lain, seperti salah satu bahasa ini, inggris, japan, korea, china. Ibu dapat menawarkan jasa ibu sebagai penerjemah.

Banyak sekali orang-orang yang membutuhkan ahli penerjemah di luar sana, dan kebanyakan itu ialah sebagai penerjemah movie atu film, novel, komik. Karena tidak semua orang yang memiliki keahlian tersebut, apalagi punya keahlian tiga bahasa atau lebih.

Menjadi translator sangat lah cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin menghasilkan tambahan uang. Menjadi translator tidaklah perlu memiliki modal sedikit pun, yah paling modal nya seperti laptop sama jaringan internet saja.

Jika ibu berminat menjadi translator ibu dapat menawarkan melalui situs penerima pekerja lepas, seperti fiverr contohnya. Ibu dapat mendaftarkan akun freelance secara gratis di sana. Saat sudah terdaftar ibu bisa menjelaskan skill apa yang ibu miliki, misalnya translator 3 bahasa, Indonesia, inggris, korea. Setelah itu ibu bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill ibu di fiverr, dan tentukan gaji yang sesuai dengan keinginan ibu. Mudah bukan? 

5. Penulis Lepas Atau Penulis Online

Bagi ibu rumah tangga yang hobi menulis, ibu dapat menjadikan hobi ibu berpenghasilan. Menjadi penulis merupakan pekerjaan yang bisa dilakukan secara online, dan memiliki waktu yang fleksibel. Ibu memerlukan modal untuk menjadi penulis lepas / penulis online.

Yang ibu butuhkan cukup smartphone dan juga aplikasi menulis, tetapi kalo ibu memiliki laptop lebih baik lagi. Ibu dapat menjadi penulis lepas seperti di platform IDNtimes dan Kaskus.

Karena setiap tulisan ibu yang berhasil dipublish maka akan mendapatkan bayaran. Selain menjadi penulis di platform tersebut, ibu juga dapat menjadi penulis e-book, dengan cara menjadi mitra google play book.

Cara mendaftarnya cukup mudah, kamu hanya memerlukan akun gmail untuk mendaftar menjadi mitra google play book. Setelah menjadi mitra kamu dapat menjual e-book karyamu dengan harga yang kamu inginkan, tetapi untuk penjual e-book di google play book mendapatkan potongan kurang lebih 50% dari harga yang telah kamu tetapkan untuk bukumu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.