Sediakan Alat Ini di Rumah agar Merasa Aman Setiap Waktu

Alat Pemadam Api Ringan
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Kebakaran merupakan bencana yang paling sering dihadapi dan bisa digolongkan sebagai bencana alam atau bencana yang disebabkan oleh manusia. Bahaya kebakaran dapat terjadi setiap saat, karena banyaknya peluang yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

Bekas Hunian Lapas Kelas IIA Kerobokan Bali Ludes Terbakar

Termasuk juga kebakaran di tempat kerja. Kebakaran seperti ini sangat membahayakan baik dari pihak pekerja dan perusahaan. Jika bisa, diperlukan tindakan-tindakan untuk mencegah hal seperti ini terjadi. Salah satunya adalah dengan menyediakan APAR di tempat kerja.

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) adalah alat pemadam portable yang kecil dan praktis sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Berfungsi sebagai alat pemadam kebakaran yang masih terkontrol. Pada umumnya berbentuk tabung yang diisikan dengan bahan pemadam api yang bertekanan tinggi. Beberapa jenis APAR, di antaranya:

Rumah Kebakaran di Simalungun, Dua Balita Tewas

1. APAR Dry Chemical Powder (Serbuk kimia kering)

Dapat mencegah kelas kebakaran A, B, C yang artinya mampu mengatasi kebakaran yang lebih besar dengan penyebab kebakaran apapun. Baik itu karena benda padat, cairan kimia ataupun korsleting listrik.

Polisi Amankan Bocah Pemicu Kebakaran Bekasi, Lebaran Muhammadiyah Diprediksi Sama dengan Pemerintah

2. APAR Carbon Dioxide Co2

Dapat mencegah kelas B dan C yang artinya mampu mengatasi kebakaran yang lebih besar apabila kebakaran itu disebabkan oleh hubungan arus pendek atau korsleting listrik. Carbon dioxice Co2 tidak meninggalkan sisa atau residu sehingga tidak akan merusak alat elektronik.

3. APAR Foam AFFF (Cairan busa)

Dapat mencegah kelas kebakaran A dan B yang artinya mampu mengatasi kebakaran lebih besar apabila kebakaran itu disebabkan oleh kompor gas meledak (LPG, LNG) dan cairan kimia lain seperti bensin, solar, dan alkohol.

4. APAR Hallon Free (Pengganti Hallon)

Dapat mencegah kelas kebakaran A B C yang artinya sama seperti alat pemadam kebakaran Dry Chemical Powder mampu mengatasi segala jenis kebakaran atau kelas kebakaran lebih besar apabila kebakaran itu disebabkan oleh apapun.

Dengan demikian, APAR bisa disebut sebagai alat keselamatan kerja untuk memenuhi standar kesehatan dan keselamatan kerja. Terpenuhinya kebutuhan ini akan membuat pekerja semakin merasa aman dan lebih percaya diri dalam bekerja. Begitupun jika alat tersebut tersedia di rumah Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.