Nursih Basuki Art Studio, Pusat Kerajinan Logam Terbaik di Indonesia

Nursih Basuki Art Studio, salah satu studio seni kriya logam pengrajin karya terbaik di Indonesia.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Menurut Wikipedia Indonesia, kriya atau hastakarya kerajinan tangan adalah kegiatan seni yang menitik beratkan kepada keterampilan tangan dan fungsi untuk mengolah bahan baku yang sering ditemukan di lingkungan menjadi benda-benda yang tidak hanya saja bernilai pakai, tetapi juga bernilai estetis. Sebuah studio seni kecil berlokasi di pelosok Kotagede, Yogyakarta terus memproduksi karya-karya seninya yang terbuat dari logam khususnya jenis kuningan dan tembaga.

Berdayakan Kelompok Perempuan, Klaster Usaha Binaan BRI ini Sulap Batok Kelapa Jadi Kerajinan Tangan

Studio tersebut pernah mendapatkan kepercayaan untuk membuat Garuda Pancasila raksasa yang akan dipasang di setiap ruang strategis di Istana Negara. Bukan satu atau dua saja, tapi enam buah totalnya. Bagaimana sebuah studio kecil bisa mendapatkan kepercayaan sebagus itu? Tentunya, tidak mungkin jika tanpa menyinggung soal kualitas hingga pengalaman dan karakter karyanya.

Mendapat kepercayaan itu tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi Nursih Basuki Art Studio. Sebuah studio seni kecil di Yogyakarta yang mampu bertahan puluhan tahun dengan terus memproduksi karya-karya besar yang dipasang di berbagai daerah. Nursih Basuki Art Studio juga aktif berbagi kegiatan menarik di studionya di kanal sosial medianya @nursihbasuki.

Bea Cukai Lepas Ekspor Perdana Kerajinan Tangan Asal Tasikmalaya ke Belanda

Kini, walaupun berhadapan dengan perkembangan zaman, di mana berelasi kuat juga dengan tantangan, mereka para pengrajin tembaga dan kuningan terus bergeliat membuat karya. Terlebih lagi dengan beberapa mahasiswa seni yang berkunjung. Dari sekadar bertanya hingga mendokumentasikan untuk sebuah tugas kampus.

Iriana Jokowi di Inacraft 2024

Menarik Perhatian Iriana Jokowi, Intip Koleksi Karya KBKM di Inacraft 2024

Produk-produk yang ditampilkan selama Inacraft 2024 merupakan hasil gotong royong alumni KBKM dengan warga desa. Pameran ini diharapkan menjadi platform.

img_title
VIVA.co.id
29 Februari 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.